Ekonomi

Sekda: Migas Riau Boleh Digarap, Asal...

Ilustrasi.net

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Potensi sumber daya alam di beberapa daerah di Riau masih sangat menjanjikan untuk dikembangkan, termasuk potensi sektor hilirnya. Hanya saja, dalam implementasinya tetap memerlukan sinergitas stake holder terkait.

Untuk mengoptimalkan peran tersebut, Pemerintah Provinsi Riau juga mencarikan langkah-langkah brilian untuk mendukung potensi tersebut. Begitu juga dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada pihak swasta untuk melakukan ekspansi atau perluasan usaha di sektor Migas di Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai, potensi migas masih dapat dikembangkan dengan optimal. Untuk itu sejak awal Pemprov tidak pernah membatasi kepada pihak perusahaan untuk melakukan ekspansi usahanya di provinsi ini.

“Ya untuk ekspansi migas dapat saja dikembangkan. Hanya saja dalam pengembangannya harus dengan catatan seluruh potensi yang ada digarap tidak semata untuk kepentingan bisnis. Tapi juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarat Riau," paparnya.

Potensi itu juga bukan tanpa kalkulasi yang matang. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak potensi sumur-sumur migas yang belum tereksplore secara optimal.

Hanya saja, pengembangan ekspansi migas dikenal tergolong usaha pada modal yang memperlukan budget cukup tinggi. Sehingga memerlukan kajian yang matang dalam eksplorasi atau ekspansi potensi migas tersebut.(*)