Hukrim

Suasana Hangat di Pisah Sambut Ketua PN Tembilahan

INHIL, RIAULINK.COM - Bertempat di Gedung Daerah, Engku Kelana, Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, dilaksanakan Pisah Sambut antara Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan yang lama dengan Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan yang baru, Jumat (14/6/2019) petang. 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Ketua Pengadilan Negeri yang baru, Nurmala Sinurat SH MH telah dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru pada Selasa (11/6/2019) di Kantor Pengadilan Tinggi Pekanbaru. 

Momen tersebut dihadiri Bupati Inhil Drs HM Wardan MP beserta istri Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Unsur Forkopimda Inhil, Sekda Inhil H Said Syarifuddin SE MP MSn beserta istri Hj Sy Rohana Said Syarifuddin SPd, sejumlah Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, dan para tamu undangan. 

Ketua Pengadilan Negeri yang lama, Arie Satio Rantjoko SH MH merasa memiliki banyak kenangan saat ia memimpin Pengadilan Negeri Tembilahan selama lebih kurang tiga tahun.

"Dahulu saya dilantik setelah lebaran. Sekarang juga dimutasi setelah lebaran selesai pulang dari Medan. Hampir 3 tahun saya di Tembilahan ini, alhamdulillah kinerja kami cukup diakui hingga mendapatkam akreditasi pengadilan A ekselen," kisahnya. 

Diakuinya prestasi tersebut dapat diraih berkat dukungan sang istri, juga kerja keras seluruh jajaran Pengadilan Negeri Tembilahan. 

"Yang paling berkesan bagi saya di sini adalah ikut festival sampan leper, MTQ, gema muharam, dan grebek suro di Kempas Jaya. Kita dapat bertemu dengan pejabat seperti Pak Dandim yang tegas, Pak Kajari yang Ustad, Pak Kapolres yang lebut dan dermawan, Pak Sekda yang humoris, Pak Bupati kalau saya mendengar pidatonya sangat berkesan karena suaranya yang lembut jadi suasana menjadi sejuk," tuturnya. 

Dirinya juga memohon maaf atas segala tindakan yang kurang tepat selama pergaulan dengan para pejabat maupun masyarakat di Inhil. 

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri yang baru memperkenalkan diri dengan menyampaikan riwatay hidupnya. 

"Kami menyadari selama kami bertugas di Pengadilan Negeri Tembilahan sebagai wakil mungkin tidak banyak yang kami sumbangsihkan untuk masyarakat pencari keadilan. Karena kekurangan tersebut kami meminta maaf. Dan kami akan meningkatkan pelayanan kami," ujar Nurmala mengawali sambutan. 

Selain itu, dirinya mengucapkan terimakasih atas dana hibah dari Pemkab Inhil sehingga Kantor Pengadilan Negeri bisa dibenahi membentuk ruangan maupun meningkatkam fasilitasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Inhil menjelaskan bahwa pergantian pejabat adalah suatu dinamika organisasi dan upaya dalam memperkaya pengalaman tugas, memperluas wawasan, dan pengembangan karir.

"Selamat mengemban tugas dan amanah kepada Ibu Nurmala Sinurat SH MH, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik," ucap Bupati membuka pidatonya.

Sebagai alat dan aparatur negara dalam memelihara keamanan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, imbuhnya, tentu harus dimaklumi bahwa alih fungsi dan mutasi merupakan peristiwa yang wajar.

"Atas nama Bupati dan seluruh masyarakat Indragiri Hilir, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Arie Satio Rantjoko SH MH atas sumbangsihnya selama ini. Semoga tidak hanya menjadi manfaat bagi masyarakat Inhil, tetapi juga menjadi nilai ibadah yang diterima oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa," kata Pemimpin Agamis ini mendoakan.

Diakuinya, ia merasa kehilangan, karena selama ini program-program Pemkab Inhil selalu mendapat dukungan dari Ari Satio Rantjoko.

"Kami di Inhil selalu menanti Bapak Arie yang ingin bernostalgia ke Inhil. Kami juga akan selalu mensupport keberhasilan tugas Ibu Nurmala beserta jajaran," pungkas Orang Nomor Satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini.

Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Bupati dan istri yang diikuti Unsur Forkopimda dan Sekda, serta pemberian ucapan selamat kepada kedua pejabat yang menjadi tokoh utama dalam pisah sambut ini. (Ray)