Riau

Baru 197 Unit Mobil Dinas Pemprov Riau Dikembalikan ke OPD, 385 Unit Masih 'Ditahan'

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 197 unit dari 582 unit mobil dinas (Mobdin) yang dikandangkan sebelum lebaran Idul Fitri sudah dikembalikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sisanya, 385 unit, masih dikandangkan di belakang kediaman dinas Gubernur Riau, jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Provinsi Riau, Muhammad Arifin, seperti dilansir dari Cakaplah.com, Rabu (12/6/2019).

"Sampai siang ini sudah 197 unit mobil dinas yang dikembalikan. Mobil yang kita keluarkan itu semua sudah memenuhi syarat, artinya sudah sesuai peruntukannya dan sudah bayar pajak," katanya.

Arifin menerangkan, 197 unit itu terdiri dari eselon I sebanyak 2 unit, eselon II ada 30 unit, eselon III sebanyak 161 unit, dan operasional 4 unit.

"Sebenarnya mobil operasional ini belum bisa dikeluarkan, karena kita masih lakukan pendataan. Hanya saja 4 unit itu dikeluarkan karena ada izin dari Gubernur untuk menunjang tugas," terangnya.

Sedangkan 385 unit Mobdin yang dikandangkan, sebut Arifin, yakni mobil eselon I ada 1 unit, eselon II ada 20 unit, eselon III sebanyak 89 unit, dan operasional 275 unit.

"Memang khusus mobil dinas eselon II tidak berimbang dengan jumlah pejabat yang ada 47 OPD. Sedangkan mobil yang sudah dikembalikan dan yang belum dikembalikan berjumlah 50 unit mobil. Ini karena ada kepala dinas yang menggunakan mobil lebih dari satu. Tapi ini sudah kita tahan," katanya.