Hukrim

Pencuri Besi Milik PT Chevron Diamankan Polsek Tapung

PEKANBARU, RIAULINK.COM - SN (15) warga Pantai Cermin, Kecamatan Tapung untuk kedua kalinya harus berurusan dengan pihak kepolisian. Sebab, pelaku yang masih di bawah umur ini nekat mencuri kembali besi milik PT Chevron area Petapahan. 

Aksi perbuatan pelaku yang pertama pernah dilakukan diversi, mengingat masih di bawah umur. Meski merasa dirinya kebal hukum, aksi berikutnya dilakukan, namun harus berujung dimeja pengadilan. 

Pelaku diamankan aparat Polsek Tapung, Senin (10/6/2019) dini hari setelah mendapatkan laporan dari warga yang berhasil menangkap basah di lokasi kejadian. Dari tangannya, aparat menyita barang bukti potongan besi milik perusahaan.

Kapolsek Tapung Kompol Sumarno saat dikonfirmasi, Rabu (12/6/2019) di Pekanbaru, membenarkan perihal tersebut. Ia mengatakan pelaku sudah diamankan dan tengah menjalani proses hukum lebih lanjut. 

"Pelaku ditangkap oleh Satpam saat sedang melansir besi yang dicurinya dari dalam pagar lokasi GS Kota Batak Desa Pantai Cermin," kata Kapolsek. 

Lebih lanjut, dikatakan Kapolsek, pelaku yang masih di bawah umur ini pernah melakukan perbuatan sama, yakni mencuri besi milik PT Chevron. Mengingat masih kecil (di bawah umur) maka dilakukan diversi. Sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 7 UU No 11 tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

"Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku kerap melakukan pencurian, bahkan tidak cukup sekali hingga berkali-kali. Tapi pelaku sudah mengakui perbuatannya," pungkas Kapolsek. 

Selain pelaku, aparat juga menyita beberapa barang bukti potong besi berbentuk segi empat, bulat dan bentuk siku, 3 buah besi baut, 2 buah potongan besi pendek dan sebuah besi potongan panjang. (Wan)