Hukrim

Bupati Inhil: Selamat kepada Ketua Pengadilan yang Baru

Bupati Inhil Bersama Ketua DPRD saat menghadiri serah terima jabatan. (Fhoto: Humas)

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Bertempat di Aula Kantor Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman Nomor 315 Pekanbaru, dilakukan Pengambilan Sumpah, Pelantikan, sekaligus Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Kelas II dan Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan Kelas II.

Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP menghadiri acara tersebut didampingi Ketua DPRD Inhil H Dani M Nursalam dan Dandim 0314/ Inhil yang diwakili Danramil Tembilahan Kota Zaenuri.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru H Adam Hidayat SH MH, Selasa (11/6/2019). Turut hadir Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Dr Moh Eka Kartika EM SH MHum, para Hakim Tinggi, serta tamu undangan. 

Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan palu dari Ketua Pengadilan Negeri yang lama kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru serta penyerahan memori. 

Pengadilan Negeri Tembilahan yang semula dipimpin oleh Arie Satio Rantjoko SH MH, kini beralih kepada Nurmala Sinurat SH MH.

Dalam amanatnya, Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru mengatakan bahwa Ketua Pengadilan sebagai top manajemen mempunyai tugas dan tanggung jawab pembinaan langsung staf jajaran di pengadilan yang dipimpinnya. 

Menurutnya Ketua Pengadilan yang baru saja dilantik tersebut harus mempertahankan akreditasi yang telah diperjuangkan Ketua Pengadilan terdahulu. 

Mempertahankan prestasi itu ditegaskannya Ketua Pengadilan harus memiliki komitmen, kemauan, pengetahuan, dan kemampuan. 

"Sebagaimana telah dibangun oleh pimpinan sebelumnya, apa yang sudah dirintis pemimpin terdahulu harus dipertahankan bahkan harus ditingkatkan. Mempertahankan harus dengan komitmen yang diiringi kemauan. Selanjutnya pengetahuan, ini penting karena tanpa pengetahuan, sulit memiliki kemampuan untuk mengoorganisir unit kerja yang dipimpin," paparnya. 

Selain itu dijelaskannya bahwa saat ini Mahkamah Agung RI sedang menuju zona integritas dan birokrasi yang bersih dari korupsi. 

"Riau merupakan salah satu skala prioritas dari 8 wilayah yang masuk zona integritas tersebut," bebernya. 

Sementara itu, Bupati Inhil mengucapkan selamat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru saja dilantik. Dirinya berharap agar koordinasi yang telah terjalin dapat dipertahankan dan ditingkatkan. 

"Selamat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru. Mudah-mudahan sinergi dan kerjasama yang sudah berlangsung baik selama ini dapat terus terlaksana sehingga kita dapat bersama-sama membangun Inhil semakin maju. Dan untuk Ketua Pengadilan Negeri yang lama terimakasih atas pengabdiannya, mudah-mudahan kariernya semakin sukses," pungkas Orang Nomor Satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia itu. (Ray)