Ekonomi

Arus Balik di Pelabuhan Menuju Concong Terpantau Padat

INHIL, RIAULINK.COM - Arus balik H+ 4 Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Pelabuhan rute Concong, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang terletak di Jalan Jendral Sudirman (Belakang Gedung Dayang Suri) tampak padat. 

Di hari biasa, hanya ada 1 speed boat yang beroperasi. Namun pada arus balik ini, agen menyediakan 2 unit speed boat.

Jadwal keberangkatan pun dipercepat 30 menit daripada hari biasa.

"Biasenye jam dua-an lah berangkat, tapi hari ni jam setengah dua. Dari tadi jam 1 pun dah ramai ni orang di pelabuhan, takut tetinggal boat," ujar salah satu penumpang yang tidak menyebutkan namanya kepada Riaulink.com, Ahad (9/6/2019).

Dikatakannya, tersebut jumlah penumpang yang membludak ini disebabkan oleh para ASN yang wajib masuk kerja besok.

"Ni banyak PNS ni, macam guru-guru kan besok dah sekolah, orang kecamatan juge. Dahtu tadi pagi banyak juge orang ke Tembilahan. Balek hari ni orang ni. Pepagi boat dari Concong ke Tembilahan, siangnya dari Tembilahan pulak ke Concong," terangnya khas dengan dialeg Melayu yang kental.

Dalam momen yang masih terbilang suasana lebaran ini, diakui oleh penumpang tersebut, harga tiket juga lebih mahal dari pada hari biasa. 

"Kalau hari biase seratus ribu cuman, tapi kalau boat viber tambah lima ribu lah. Nah di lebaran ni pakai boat kayu pun tiket naik jadi seratus dua puluh ribu," bebernya.

Air sungai yang surut membuat tangga jerambah tampak curam, sehingga para penumpang harus ekstra berhati-hati turun ke boat. (Ray)