Kesehatan

PMI: Kebutuhan Darah di Inhil Baru Terpenuhi 50 Persen

Ilustrasi.net

INHIL, RIAULINK.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar buka puasa bersama kaum duafa yang ada di Kota Tembilahan, Jumat (31/5/2019) petang, di Halaman Markas PMI Inhil, Jalan Veteran Nomor 32 Tembilahan.

Dalam pelaksanaannya, PMI bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhil. Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan sembako kepada 50 orang kaum duafa oleh Ketua PMI Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota Dewan Kehormatan PMI, Ketua Baznas Inhil, Kepala Markas PMI Inhil, serta Pengurus PMI Inhil.

Buka puasa bersama ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh PMI. Tujuannya untuk bersilaturahmi dengan sesama anggota dan memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Mulai tahun ini, setiap hari Jumat PMI juga melakukan pemberian bantuan makanan untuk berbuka puasa bagi masyarakat yang sedang menjaga keluarga yang sakit di RSUD Puri Husada Tembilahan sebanyak 100 kotak.

Untuk kegiatan donor darah, tetap berlangsung seperti biasa, sebab kebutuhan darah di Inhil baru terpenuhi sekitar 50 persen. Hal tersebut diungkapkan Ketua PMI Inhil dalam sambutannya.

"PMI walaupun bulan puasa tetap melaksanakan donor darah sukarela. Karena khusus kegiatan donor darah masih sangat terbatas. Keperluan setiap bulannya 600 kantong, namun yang tercukupi baru 300an," terang Zulaikhah.  

Wanita yang selalu tampil anggun bersahaja ini menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan darah adalah tugas seluruh komponen masyarakat demi membantu warga yang membutuhkan darah.

"Mari kita meningkatkan partisipasi dan kesadaran untuk melakukan donor darah bagi Bapak/ Ibu yang memenuhi persyaratan untuk donor darah," ajaknya Ibunda Kabupaten Inhil ini.

Upaya selanjutnya yang akan dilakukan PMI ialah bekerjasama dengan ulama, di mana setiap ustadz/ ustadzah mengisi ceramah pada acara keagamaan hendaknya menyampaikan kegiatan sosial dan manfaat donor darah.

Sambil menunggu waktu berbuka, acara diisi dengan kultum oleh Hj Netty Kurniawati MPdI. Usai buka puasa, dilanjutkan dengan solat Magrib berjamaah.