Riau

Tepian Sungai Jantan Siak Masuk Nominasi API 2019 Dalam Kategori Destinasi Wisata Baru Terpopuler

RIAULINK.COM, SIAK - Tepian Bandar Sungai Jantan di Siak Sriindrapura masuk dalam 7 nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, dalam kategori destinasi baru terpopuler di Indonesia,  yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

API ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. 

Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Dalam kegiatan tahunan ini, Kementrian Pariwisata memberikan 18 kategori yang diperlombakan. Diantaranya : 
1.Wisata Air Terpopuler, 
2.Atraksi Budaya Terpopuler, 
3.Tujuan Destinasi Wisata Baru Terpopuler, 
4.Obyek Wisata Belanja Terpopuler, 
5.Cindera Mata Terpopuler, 
6.Dataran Tinggi Terpopuler, 
7.Promosi Pariwisata Terpopuler, 
8.Ekowisata Terpopuler, 
9.Festival Pariwisata Terpopuler, 
10.Wisata Halal Terpopuler,
11. Kampung Adat Terpopuler, 
12.Wisata Kreatif Terpopuler, 
13.Makanan Tradisional Terpopuler, 
14.Minuman Tradisional Terpopuler, 
15.Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler, 16.Situs Sejarah Terpopuler, 
17.Surga Tersembunyi Terpopuler, dan
18. Obyek Wisata Unik Terpopuler.

Tepian Bandar Sungai Jantan yang masuk kedalam kategori Tujuan Destinasi wisata baru terpopuler ini, diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Siak pada akhir tahun 2016. Kini menjadi tempat wisata baru, yang ramai dikunjungi masyarakat setiap hari, terutama pada sore menjelang malam hari, dan pada hari libur akhir pekan, ataupun hari Sabtu dan Minggu.

Tepian Bandar Sungai Jantan ini, lokasinya tak jauh dari taman air mancur Mahratu. Dari pantauan RIAULINK.COM, Selasa (21/5/2019) tampak sebuah Taman Air Mancur berdekatan dengan Tepian Bandar Sungai Jantan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sini.

Menanggapi hal ini, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, mengaku bangga karena sebelumnya Istana Siak pernah menjadi wisata terpopuler nomor 2 di Indonesia, dan kini tepian Bandar Sungai Jantan yang masuk nominasi dalam ajang API 2019 ini.

"Alhmdulillah,hal ini merupakan kesempatan kita untuk memperkenalkan obyek wisata daerah kita ke nasional. Sebelumnya, Istana Siak berhasil meraih peringkat kedua di iven yang sama," sebut Alfedri.

Bupati Siak itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut menyebarluaskan informasi tersebut dan mendukung penuh kegiatan yang ditaja Kemenpar RI itu.

"Sekarang kita berusaha penuh dan berjuang, agar wisata-wisata didaerah kita ini bisa seperti Istana Siak yang mendapat peringkat kedua dalam kategori Kunjungan Obyek wisata Terpopuler, termasuklah Bandar Sungai Jantan ini," terangnya.

Selain Kabupaten Siak, Provinsi Riau mendapatkan 7 daerah yang masuk dalam daftar  Nominasi API Award 2019. Diantaranya :

1. Tepian Bandar Sungai Jantan Siak kategori destinasi baru terpopuler.
2. Kue Talam Durian Pekanbaru kategori makanan tradisional terpopuler.
3. Suaka Marga Satwa Kerumutan Pelalawan kategori ekowisata terpopuler.
4. Suligi Hill Rokan Hulu kategori dataran tinggi terpopuler.
5. Sampan Leper Indragiri Hilir kategori atraksi budaya terpopuler.
6. Lari di Atas Tual Sagu dari Desa Bokor Meranti, kategori olahraga dan petualangan terpopuler.
7. Gulamo Kampar kategori surga tersembunyi terpopuler. (Rizal Iqbal)