Riau

Jelang Operasi Ketupat 2019, Kapolda Riau Cek Jalur Mudik Lintas Barat di Kabupaten Kampar

RIAULINK.COM, KAMPAR - Selasa (21/5/2019), Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo MM didampingi Dir Lantas KBP F.X. Bhirawa Braja Paksa, Dir Krimsus KBP Gideon Arif dan Dir Sabhara KBP Zulkifli melakukan pengecekan Jalur Mudik Lintas Barat di wilayah Kabupaten Kampar.

Turut menyertai dalam rombongan Kapolda Riau ini Kabid Perhubungan Darat Dishub Provinsi Riau Azrial AR beserta staf dan beberapa Pamen dari Direktorat Lalulintas Polda Riau. 

Rombongan Kapolda Riau bertolak dari Mapolda sekira pukul 09.00 wib dan langsung menuju Jalan Lintas Riau - Sumbar ke arah Bangkinang, rombongan sempat berhenti di Desa Sei Pinang Kec. Tambang untuk pengecekan kondisi jalan, dilokasi ini telah menunggu Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH beserta Kasat Lantas AKP Fauzi SH MH untuk selanjutnya ikut mendampingi Kapolda. 

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Bangkinang dan kembali berhenti di Simpang Latsitarda wilayah Desa Batu Belah Kec. Kampar, dilokasi ini Kapolda disambut oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH serta Kadishub Kampar Mahadi S.Sos.

Kapolda menyempatkan waktu meninjau bagian jalan yang rusak yang tengah dalam pengerjaan atau perbaikan oleh pihak kontraktor, pada kesempatan ini Kapolda Riau didampingi Bupati Kampar dan Kapolres Kampar melakukan konferensi pers dengan awak media yang meliput kegiatan ini. 

Disampaikan Kapolda bahwa maksud kunjungannya ini untuk mengecek sarana prasarana jalan serta kesiapan infra struktur yang akan digunakan masyarakat jelang pelaksanaan mudik lebaran tahun 2019 ini. 

Saat ditanyakan tentang kesiapan Polda Riau dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat 2019, disampaikan Kapolda bahwa jajarannya telah menyiapkan langkah-langkah untuk melancarkan arus mudik di jalur lintas barat ini, seperti pendirian Pos Pengamanan dan penempatan personel pada lokasi-lokasi tertentu. 

Lebihlanjut disampaikan Kapolda bahwa dalam Operasi Ketupat 2019 ini juga dilibatkan perkuatan dari unsur TNI dan Jajaran Pemda serta Stake Holders terkait lainnya, untuk mengamankan dan melancarkan arus mudik serta perayaan Idul Fitri dan juga kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya yang menyertai. 

Terkait adanya beberapa titik di ruas jalan Riau - Sumbar yang rusak dan sedang dalam perbaikan ini, Kapolda menghimbau agar pihak kontraktor pelaksananya dapat menggesa pengerjaannya sehingga pada saat pelaksanaan arus mudik dan arus balik nanti bisa rampung untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat, jelas Kapolda. 

Dari Desa Batu Belah rombongan Kapolda meneruskan pengecekan kearah perbatasan Provinsi Riau dan kembali berhenti dilokasi pembangunan Jembatan Sijangkang wilayah Desa Kuok Kecamatan Kuok untuk melakukan pengecekan. 

Saat ini proses pengerjaan jembatan masih dibawah 50 persen, namun untuk arus lalin sementara dialihkan ke jembatan darurat yang dibangun disebelahnya, kondisi jembatan pengganti ini cukup layak dan lebar serta cukup memadai untuk digunakan saat arus mudik. 

Pengecekan berlanjut hingga ke perbatasan Riau - Sumbar di daerah Kelok Indah Kecamatan XIII Koto Kampar, secara umum berdasarkan pantauan langsung, kondisi jalan lintas barat yang melalui Kabupaten Kampar ini kondisinya cukup baik dan siap untuk dilalui arus mudik maupun arus balik pada saat perayaan Idul Fitri nanti.

Kegiatan pemantauan dan pengecekan jalur mudik di jalan lintas Riau - Sumbar oleh Kapolda Riau ini berakhir sekitar pukul 11.40 wib dan berlangsung dengan aman dan lancar. (Wan)