Lifestyle

Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Pada bulan Ramadan seperti saat ini, berolahraga di pagi hari setelah salat Subuh bisa menjadi pilihan selain pada sore hari menjelang berbuka. Dilansir dari The Health Site, berikut lima manfaat yang bisa kamu peroleh dari kebiasaan berolahraga di pagi hari.

1. Membesarkan Otot secara Efisien

Ketika kamu bangun pada pagi hari, testosteron pada tubuh berada pada tingkat paling tinggi. Hal ini membuat pagi hari merupakan saat paling sempurna untuk melakukan angkat beban serta membesarkan otot.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Tak hanya menguatkan tubuh secara efisien, olahraga di pagi hari bisa mencegah penyakit. Sejumlah penelitian menyebut bahwa ketika kamu berolahraga di pagi hari dengan perut kosong, kamu melindungi dirimu dari resisten insulin.

3. Menurunkan Asupan Kalori

Berolahraga di pagi hari dapat menurunkan asupan kalori yang masuk selama sehari ke depan. Berdasar sebuah penelitian, disebut bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari bisa membuat seseorang mengonsumsi kalori lebih sedikit di hari tersebut dibanding pada mereka yang tak berolahraga.

4. Menjaga Tekanan Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga memainkan peran yang penting dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian secara rinci menyebut bahwa olahraga selama 30 menit di treadmill pada pagi hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 persen.

5. Membantu Tidur Nyenyak

Waktu yang kamu pilih untuk berolahraga dapat menimbulkan efek signifikan pada tidurmu. Ketika kamu olahraga di malam hari, temperatur tubuh akan meningkat sehingga kamu sulit tidur. Oleh karena itu, olahraga di pagi hari dapat membantu kamu untuk lebih mudah tidur.

Lima manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh dari kebiasaanmu berolahraga di pagi hari. Lakukan hal ini terutama pada bulan puasa ini untuk memperoleh manfaat menakjubkannya.