Riau

Selama Ramadhan 22 ASN Pemprov Riau Mengadu ke BKD Minta Izin Cerai

Ilustrasi. Int

RIAULINK.COM,PEKANBARU- Sedikitnya ada 22 berkas pengajuan izin cerai yang dilayangkan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, selama bulan Ramadhan 2019 ini. Namun tidak semuanya yang diproses karena masih terdapat kurang syarat. 

Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, Trimo Setiono, Rabu (15/5/2019) sore, mengatakan pengajuan tersebut rata-rata sedang dalam prosesnya. 

"Benar, ada 22 ASN dilingkungan Provinsi Riau yang mengajukan izin cerai ke kita (BKD) Riau. Itu masih diproses, karena terdapat kekurangan," ungkap Trimo. 

Menurut Trimo, penyebab terjadinya pengajuan izin cerai yang diterima pihaknya itu, kuat dugaan karena faktor ketidak serasian sehingga terjadinya hubungan jarak jauh. Dia menilai dalam faktor ekonomi mereka terbilang mampu dalam hal itu. 

"Kalau faktor ekonomi, mereka ini semuanya mampu. Maka kita menduga kuat kemungkinan penyebabnya itu tadi, ketidak serasian hubungan jarak jauh," tutur Trimo. 

Lebih lajut, pihaknya telah merincikan dari 22 ASN yang mengajukan izin cerai, sebanyak 11 berkas yang sudah disiapkan. Disamping itu, sebanyak 3 ASN lainnya masih dalam proses, karena berkasnya tidak lengkap. 

''Sisanya belum diproses, karena saat puasa penyelesaiannya kita tidak melakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP)," sebut Trimo. 

Sementara untuk pengajuan tersebut, kata Trimo mayoritas ditempati kaum perempuan, yang totalnya ada sebanyak 19 ASN. Sisanya lagi 3 dari pihak laki-laki. Mereka ini, sambung Trimo merupakan kebanyakan berprofesi sebagai guru. 

"Rata-rata kebanyakan dari perempuan yang mengajukan izin cerai, ada 19 ASN ketimbang laki-laki. Dan juga dilihat dari profesinya banyak dari guru, sisanya menyusul profesi lain," pungkas Trimo.(Emi)