Riau

Polisi Ciduk Empat Napi Kabur di Rutan Siak, Wakapolres : Yang Lain Masih Kita Buru

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Sedikitnya ada 10 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura, telah ditetapkan sebagai DPO, empat diantaranya berhasil ditangkap aparat dibeberapa lokasi yang berbeda. 

Kaburnya 10 napi Rutan Siak ini, pasca terjadinya kericuhan yang mengakibatkan pembakaran Rutan tersebut, Sabtu (11/5/2019) lalu. Sejumlah napi yang kabur, berangsur ditemukan dan tengah menjalani sisa masa tahanannya didalam sel penjara.

Tahanan yang kabur dan kembali ditangkap aparat diantaranya Saipul Aula terlibat perkara pencurian. Lalu Sutarmizi dan Delisama terlibat kasus pencabulan terhadap anak. Terakhir Jhon Hidayat Sitorus perkara sebagai penadah. 

Hal ini disampaikan Waka Polres Siak Kompol Hariri saat dikonfirmasi Riaulink.com, Rabu (15/5/2019) siang. Ia mengatakan saat ini napi Rutan Siak yang buron sudah berkurang 4 orang dari sebelumnya 10 orang DPO. 

"Sudah ada 4 orang napi Rutan Siak yang kita tangkap kembali ditempat persembunyiannya. Sisanya 6 orang napi berada diluar, ini terus kita buru sampai semuanya kembali ke Rutan menjalani sisa masa tahanannya," ungkap Hariri. 

Salah satu upaya petugas dalam menangkap tahanan yang kabur tersebut diantaranya dengan cara pendekatan pihak keluarganya. Hariri menyebut, cara itu adalah dengan mengimbau keluarga warga binaan. Alhasil mereka mau menyerahkan anaknya secara baik-baik. 

"Napi itu Jhon Hidayat Sitorus perkara sebagai penadah. Upaya himbauan yang kita lakukan ternyata berhasil, pihak keluarganya bahkan mau menyerahkan anaknya ke polisi," terang Hariri. 

Lebih lanjut, kata Hariri untuk tiga orang napi lainnya juga bernasip sama. Namun bedanya mereka ditangkap ditempat persembunyiannya di Kecamatan Bunga Raya dan Kabupaten Siak. Napi itu adalah Saipul Aula, Sutarmizi dan Delisama.

"Untuk sisanya yang 6 orang lagi ini masih kita buru keberadaannya," singkat Hariri.(Emi)