Serba serbi

Faktor yang Bisa Sebabkan Rambut Cepat Beruban

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Uban biasanya mulai muncul seiring usia seseorang yang bertambah. Namun pada beberapa kasus, terdapat orang-orang yang rambutnya lebih cepat memutih bahkan pada usia yang masih muda.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini misalnya keturunan dari orangtua yang juga sama-sama rambutnya cepat memutih. Namun selain faktor genetis ini, terdapat sejumlah hal lain yang bisa membuat rambutmu cepat memutih. Dilansir dari The Health Site, selain faktor gen, berikut sejumlah hal yang bisa sebabkan rambut cepat beruban.

1. Merokok

Baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif, kesehatan rambut bisa jadi korban dari dua hal tersebut. Paparan dari asap rokok bisa membuat rambutmu lebih cepat beruban. Hal ini terjadi karena tingginya tingkat radikal bebas yang ada pada rokok.

2. Polusi Udara

Kandungan polusi dan racun yang mengontaminasi udara dapat menjadi penyebab rambut cepat beruban. Sama seperti pada rokok, radikal bebas yang ada pada polusi udara ini jadi penyebab terjadinya hal ini.

3. Penyakit Autoimun

Selain karena udara dan asap, munculnya rambut beruban secara cepat juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Jika kamu menderita penyakit autoimun, maka kamu bisa mengalami kerontokan atau rambut memutih dalam jangka waktu yang sangat singkat.

4. Stres

Ketika seseorang mengalami stres, maka berbagai kondisi kesehatan bakal muncul kepada dirinya satu per satu. Stres ini juga bisa membuat rambut menjadi rontok atau memutih dengan cepat.

5. Perubahan Hormon

Ketika terjadi perubahan hormon pada tubuh, sejumlah perubahan bisa muncul pada rambutmu. Berbagai perubahan yang terjadi seperti pada tekstur dan ketebalan rambut bisa terjadi, warna rambut juga tak lolos dari perubahan yang muncul ini.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab jika rambutmu memutih dalam jangka waktu yang singkat. Waspadai sejumlah hal tersebut karena dapat mempengaruhi kesehatan rambutmu.