Riau

Tiket Pesawat Mahal, Jalur Darat Diprediksi Meningkat Saat Mudik

Ilustrasi.net

RIAULINK.COM, PEKANBARU - J,elang lebaran Idul Fitri 2019 mendatang, jalur darat dipastikan bakal ramai diminati arus mudik keluar Kota Pekanbaru. Prediksi ini bakal meningkat, disebabkan harga tiket pesawat lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, M Taufiq OH, Rabu (15/5/2019) pagi di Pekanbaru. Ia mengatakan prediksi lebaran tahun ini masyarakat lebih memilih jalur darat dibanding jalur udara.

"Sebab, saat ini harga tiket pesawat naik belakangan ini, sehingga berpengaruh pada angkutan darat. Artinya ada kemungkinan terjadi peningkatan penumpang di angkutan darat,'' ujar Taufiq. 

Lebih lanjut, Taufiq menyebut pihaknya tengah menganalisa prediksinya kemungkinan terjadi pada puncak arus mudik lebaran nanti. Bukan tanpa sebeb, kemungkinan sekecil apapun akan terjadi. Apakah hal itu akan terjadi saat angkutan lebaran atau tidak. 

''Sedang kita analisa, kita belum bisa memastikan berapa angka peningkatan untuk jalur darat saat angkutan lebaran nanti," akui Taufiq. 

Menurut Taufiq, jalur darat akan menjadi primadona bagi kalangan masyarakat menengah kebawah saat mudik lebaran. Sebab harga tiket angkutan darat lebih terjangkau. Dibanding mereka yang memilih jalur udara yang jauh lebih mahal. 

"Saat ini saja, angkutan darat mengalami peningkatan (belum mudik). Di Terminal AKAP, info dari kawan-kawan banyak masyarakat memakai angkutan darat," tutur Taufiq. (Emi )