Lifestyle

5 Tips untuk Mengefisiensi Waktu Memasak

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Alasan banyak orang malas memasak adalah membuang banyak waktu di dapur. 5 trik ini bisa lho bantu Anda mempersingkat waktu memasak agar lebih efisien.

Memasak jadi kegiatan rutin untuk para ibu rumah tangga, terutama bagi Anda yang mengurus semuanya sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga.

Waktu memasak ternyata bisa memakan waktu yang lama apalagi kalau tidak dibuat beberapa trik. Supaya pekerjaan dapur bisa teratasi dengan baik, ada trik khusus yang dapat Anda lakukan untuk mempersingkat waktu saat memasak.

Berikut ini 5 trik yang dikutip dalam Well and Good yang dapat Anda terapkan di dapur sendiri.

1. Kenali isi dapur Anda

Untuk memulai, pertama Anda harus mengenal isi dari dapur Anda. Bahan-bahan yang tersembunyi dalam rak bahkan kulkas perlu diperhatikan. Bagaimana Anda ingin memasak dengan keterampilan penuh, apabila Anda tidak tahu komponen apa yang Anda miliki di dapur?

Ahli diet memberikan satu langkah cerdas untuk membantu Anda memasak ketika di dapur. Anda hanya perlu menata rapi setiap jenis, misalnya cabai diletakkan dekat dengan bawang putih, yang termasuk bumbu dapur. Atau bisa juga dengan ditulis di kertas yang ditempel pada stoples atau jar kaca untuk membantu memudahkan ketika dicari.

2. Tata bumbu dapur di dalam cabinet

Kegiatan memasak di dapur akan terasa lebih nyaman jika ada kabinet dapur. Kabinet dapur ini adalah area penyimpanan peralatan masak, peralatan makan, hingga bumbu dapur. Dengan adanya kabinet, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk menyiapkan segala kebutuhan memasak dan tidak akan membuang banyak waktu.

3. Gunakan pisau dengan benar

Menggunakan pisau untuk kebutuhan dapur memang memiliki beberapa teknik. Tentu banyak kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa disadari akan memberikan dampak yang bisa membahayakan Anda.

Mulai dari cara mencincang atau memotong dadu. Kalau sudah tahu trik menggunakan pisau tentu akan mempermudah dan mempersingkat waktu memasak.

4. Mempersiapkan persediaan dapur dan kulkas

Memasak makanan memang menjadi kesibukan tersendiri, justru terkadang bisa membuat Anda kewalahan saat menyiapkannya. Apalagi bila bahan-bahan yang dibutuhkan tidak tersedia atau habis di dapur.

Untuk itu, lakukan berbagai persiapan sebelum mulai memasak agar lebih menghemat waktu, termasuk membenahi dan menyiapkan kembali dengan membeli bahan yang akan habis atau memang sudah habis.

5. Buat menu mingguan

Selain menyimpan berbagai persediaan bahan makanan, membuat dan mengatur menu mingguan juga menjadi salah satu cara efektif untuk meringkas waktu memasak. Bila sudah memiliki perencanaan menu, tentunya Anda tak perlu bingung lagi saat ingin menyiapkan makanan.

Tak hanya itu, dengan mempersiapkan menu mingguan, makanan tak akan tersisa karena porsi menu yang akan Anda siapkan sudah terencana sebelumnya. Serta bisa mengatur berapa banyak bahan yang akan digunakan setiap harinya.