Riau

Yasonna Sindir Gubri, Bupati Siak Sediakan Lahan 5 Hektare Untuk Rutan Siak

Foto Rutan kelas IIB siak paska kerusuhan

RIAULINK.COM, SIAK - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Yasonna Laoly merasa prihatin dengan kondisi terakhir Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura. Pasca kericuhan, Sabtu (11/5/2019) lalu, Rutan tersebut tidak layak dihuni 648 warga binaan, karena hangus dilalap sijago merah. 

"Yang pertama kita benahi dulu (perbaikan) Rutan ini. Karena memang sudah tidak layak lagi ditempati warga binaan," ucap Yasonna saat jumpa persnya, Senin (13/5/2019) siang. 

Menurut Yasonna, pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Siak telah menyediakan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan Rutan baru. Saat ini pasca kericuhan tersebut seluruh warga binaan sebanyak 648 orang telah dievakuasi dibeberapa tempat di kabupaten kota. 

"Mengenai pembangunan Rutan Siak ini, Bupati Siak telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare. Seperti apa model dan anggarannya, nanti dipikirkan lagi," tutur Yasonna. 

Lebih lanjut, Yasonna yang tampil didepan awak media cetak, elektronik dan online. Dia meminta kepada orang nomor satu di Riau (Gubri) untuk kiranya dapat menyumbangkan dana Pemda setempat dalam mempermudah proses pembangunan Rutan Siak. 

"Pak Gubernur, kalau ada dana gak salah dibantu," sindir Yasonna sembari disambut dengan tawaan sejumlah awak media yang hadir. 

Selain itu, Yasonna mengakui telah mendapat bantuan dari beberapa daerah dalam membantu membangun Rutan, Lapas serta kantor Imigrasi dalam bentuk hibah. (Emi )