Kesehatan

Khasiat Blewah, Sang Buah Primadona untuk Berbuka Puasa

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Blewah atau garbis merupakan buah yang sangat laris dan disukai ketika bulan puasa tiba. Rasa dari buah ini yang manis dan kaya dengan air membuatnya menjadi pilihan yang sangat menyegarkan.

Sebagai penyegar, blewah bisa diserut dan dijadikan sebagai minuman segar atau bisa juga dipotong langsung dan dimakan. Dilansir dari iloveindia.com, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah blewah.

1. Rendah Gula dan Kalori

Blewah merupakan buah dengan kandungan gula dan kalori yang rendah. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh terutama di bulan puasa.

2. Mengandung Kalium

Blewah memiliki kandungan kalium di dalamnya. Kandungan ini membuat blewah sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah.

3. Batu Ginjal

Selain dalam menjaga kesehatan, blewah juga bisa membantu mencegah munculnya masalah kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos.

4. Kaya Vitamin C

Kandungan Vitamin C sangat berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin ini pada blewah bisa mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

5. Penangkal Insomnia

Blewah memiliki sifat sedatif yang bakal sangat berguna bagi penderita insomnia. Kandungan ini sangat baik untuk membuatmu bisa tidur pulas usai mengonsumsi buah manis ini.

6. Memiliki Kandungan Non-Kolesterol

Blewah tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali di dalamnya. Hal ini menjadikan buah ini sangat aman bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi.

7. Obati Mag

Konsumsi blewah secara teratur dapat mengobati masalah mag yang kamu alami. Hal ini dapat mengobati masalah nafsu makan serta infeksi saluran kemih.

8. Sumber Vitamin A

Selain vitamin C, blewah juga kaya dengan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A pada blewah ini menjadikannya sangat baik dalam menjaga kesehatan mata dan kulit.

9. Menyehatkan Janin

Blewah merupakan buah dengan kandungan asam folat. Adanya kandungan ini menjadikan blewah sebagai buah yang sangat baik bagi ibu hamil karena mampu menyehatkan janin.

10. Cegah Osteoporosis dan Kanker

Kanker leher rahim serta osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang dapat dihindari dengan konsumsi blewah. Manfaat ini menjadikan buah ini sangat penting untuk dikonsumsi tak hanya saat berpuasa namun juga pada banyak kesempatan.

Blewah sendiri merupakan buah yang sangat mudah ditemui di mana saja serta memiliki harga yang murah. Sederet manfaat sehat yang dimilikinya ini membuat buah ini sangat cocok terutama di bulan puasa.