Serambi islam

Ini yang Dilakukan Rasulullah ketika Menyambut Ramadhan

RIAULINK.COM - Bulan Ramadhan segera tiba. Umat Islam bakal menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Menyambut datangnya bulan suci ini, Nabi Muhammad melakukan sejumlah amalan yang dapat ditiru. 

Ustad Wahyul Afif al Ghafiqi menjelaskan terdapat banyak amalan yang dilakukan Rasulullah untuk mempersiapkan diri menyambut bulan penuh berkah, bulan Ramadan.

"Ada banyak amalan, salah satunya dengan bergembira. Dasarnya Rasulullah pernah bersabda, 'Siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka,'" kata Wahyul. 

Menurut Wahyul, berdasarkan hadis ini dengan bergembira saja seorang Muslim akan mendapatkan ganjaran yang luar biasa.

Wahyul menyebut Rasulullah juga membiasakan diri untuk bersedekah sebelum puasa sehingga terbiasa saat Ramadan. Amalan bersedekah ini diberikan balasan berupa pahala hingga 70 kali lipat.

Bersedekah ini berlaku untuk siapapun bukan hanya orang kaya saja. Bersedekah juga bertujuan untuk menunjukkan kepedulian pada orang lain.

"Orang yang berkekurangan juga dianjurkan bersedekah misalnya dengan setengah biji kurma, bahkan seteguk air atau segelas susu," ucap Wahyul.

Selain itu, Wahyul menyebut Rasulullah juga kerap melakukan ziarah kubur ke makam keluarga dan sahabat. Berziarah ke kuburan sebelum Ramadan dapat membuat seseorang dapat mengingat kematian dan juga jasa orang lain. Dengan begitu, diharapkan ibadah seseorang saat puasa akan lebih khusyuk.