Sport

The Reds Satu-Satunya Club Ingris yang Pernah Menang di Barcelona

Liverpool tak pernah kalah saat melawat ke markas Barcelona. (REUTERS/Andrew Yates)

RIAULINK.COM - Liverpool punya catatan positif jelang menghadapi Barcelona pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (1/5) waktu setempat. The Reds menjadi satu-satunya tim Inggris yang pernah menang di kompetisi Eropa di Camp Nou.

Dilansir Opta, duel Barcelona vs Liverpool akan menjadi pertemuan kesembilan kedua tim di pentas Eropa. Dari delapan laga sebelumnya, Liverpool meraih tiga kemenangan, dua kekalahan, dan sisanya berakhir imbang.

Liverpool pun menjadi satu-satunya klub Inggris yang mampu memetik kemenangan saat melawat ke markas Barca dalam kompetisi Eropa.

Pertama, klub asal Merseyside itu menang 1-0 pada leg pertama semifinal Piala UEFA 1975/1976. Gol semata wayang Liverpool diciptakan oleh John Toshack di menit ke-13.

Kemenangan tandang kedua Liverpool terjadi di Liga Champions 2006/2007. Kala itu Si Merah menang 2-1 berkat gol Craig Bellamy dan John Arne Riise. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Deco.

Liverpool juga tercatat tak pernah kalah dalam lawatan ke Barcelona. Dari empat pertemuan yang pernah digelar di Camp Nou, Klub Merseyside itu tak pernah kalah dengan rincian 2 kali menang dan dua imbang.

Selain itu, Barca juga punya catatan negatif saat melawan wakil Inggris pada babak semifinal baik di Piala Europa dan Liga Champions. Blaugrana pernah dikalahkan Leeds United edisi (1974/1975) serta tumbang dari Manchester United (2007/2008) dan Chelsea (2011/2012).

Meski demikian, Barcelona saat ini punya kans untuk menghapus catatan negatif tersebut. Terlebih mereka memiliki sosok Lionel Messi yang sudah mencetak 24 gol dalam 32 pertandingan Liga Champions melawan wakil Inggris.

Namun, pemain internasional Argentina itu selalu gagal mencetak gol pada dua kesempatan melawan Liverpool di Liga Champions.