Lingkungan

Ancaman Karhutla, Lima Titik Panas Terdeteksi di Riau

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Lima titik panas (hotspot) terpantau di Provinsi Riau, Senin (29/4/2019). Titik panas tersebut tersebar di tiga wilayah.

"Lima titik panas terdeteksi di kabupaten Bengkalis 2 titik, Pelalawan 1 titik dan Siak 2 titik," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, Senin (28/4/2019).

Ia menjelaskan, 2 titik panas di Bengkalis berapada di Kecamatan Bantan dan Bukit Batu. Sementara di Pelalawan terpantau di Kecamatan Kuala Kampar. Dan di Siak berada di kecamatan Siak sri Indrapura.

"Lima titik ini berada di level konfidence 50 persen, artinya itu masih berpotensi titik panas, bukan titik api. Namun kita tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadi kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Mengenai prakiraan cuaca hari ini, hujan hanya berpotensi mengguyur Riau pada malam hari saja. Siang hari cuaca cerah, tak ada potensi hujan. Demikian juga pada dini hari, cuaca cerah berawan.

"Pada malam hari potensi hujan intensitas ringan yang bersifat lokal dan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Inhil, Siak, Pelalawan, Meranti dan sebagian Kampar," pungkasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 – 97 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 - 27 kilometer per jam.