Riau

Bupati Inhil Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP

Bupati Inhil saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Tembilahan. (Foto: Agus/ Humas)

RIAULINK.COM, INHIL - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP meninjau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, Senin (22/4) pagi.

Pada kunjungan itu Bupati didampingi Ketua TP-PKK Inhil yang juga merupakan Bunda PAUD Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME.

Untuk Kota Tembilahan, UNBK dilaksanakan di dua lokasi. Lokasi pertama ialah di SMKN 1 Tembilahan yang terdiri dari dua sekolah, yaitu SMPN 1 Tembilahan dan SMPN 3 Tembilahan Hulu. Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Tembilahan dibagi menjadi tiga sesi, untuk sesi 1 dimulai jam 8.00 s/d 10.00, sesi 2 dimulai jam 10.30 s/d 13.00, dan sesi 3 dimulai jam 14.00 s/d 16.00.

Sementara itu SMPN 2 Tembilahan melaksanakan UNBK di SMAN 2 Tembilahan yang terletak di Jalan Tanjung Harapan.

Saat diwawancarai awak media usai peninjauan, Bupati mengatakan bahwa pemerintah berusaha setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer atau laptop yang menjadi faktor utama dalam pelaksanaan UNBK.

“Tentunya secara bertahap setiap tahun kita anggarkan, dengan keterbatasan anggaran yang ada pada APBD kabupaten dan juga tentunya kita mengharapkan dukungan melalui APBD provinsi ataupun kegiatan-kegiatan program APBN,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut memerlukan koordinasi yang lebih intensif dalam mencari peluang-peluang dan bantuan-bantuan baik dari Provinsi Riau maupun program-program nasional Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

“Kita memaksimalkan juga keterbatasan anggaran yang ada pada APBD Kabupaten lagi, Alhamdulillah dalam pelaksanaannya ini walaupun karena keterbatasan sarana komputer yang mendukung ini terpaksa dilaksanakan 3 sif tapi kita berupaya menumbuhkan setiap tahunnya ada perbaikan kelengkapan dari sarana prasarana penunjang,” terang Orang Nomor Satu di Inhil ini.

Namun demikian, dirinya bersyukur atas pelaksanaan UNBK yang terbilang cukup lancar ini.

“Dari pantauan kita, sudah terselenggara dengan baik sukses lancar, dan mudah-mudahan harapan saya sampai akhir dari kegiatan ujian nasional berbasis komputer ini dapat terlaksana dengan baik agar hasilnya juga nanti mudah-mudahan tidak ada menemukan kendala-kendala,” harap mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini.