Politik

Jokowi Kalah di Mandailing Natal, Bupati Mengundurkan Diri

RIAULINK.COM, SUMUT - Bupati Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Dahlan Hasan Nasution, tiba-tiba mengundurkan diri tanpa ada isu sebelumnya. Mundurnya politikus NasDem itu mulai diketahui publik setelah foto surat pengunduran dirinya tersebar.

Dalam surat bernomor 019.6/1214/TUPIM/2019 dibuat pada 18 April 2019, Dahlan menuliskan mundur karena hasil pemilu yang tidak sesuai harapannya. Diduga karena kekalahan Jokowi di Pilpres di Mandailing Natal. Namun tak disebut angka kekalahannya tersebut.

"Dengan hormat, kami maklum kepada Bapak bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Mandailing Natal Sumatera Utara berjalan lancar, aman dan terkendali. Namun hasilnya sangat mengecewakan dan tidak seperti yang diharapkan," sebut isi surat itu.

Saat dikonfirmasi, Dahlan membenarkan  surat pengunduran yang sudah beredar luas tersebut. Namun, dia menolak menjelaskan alasan pengunduran diri secara lebih detail. 

Dahlan hanya menyatakan pengunduran dirinya tidak akan membuat pembangunan Kabupaten Mandailing Natal terhambat. Dia malah merasa kabupaten tersebut akan makin maju tanpa perannya. 

"Manalah menghambat, lantaran sudah yakinnya rakyat apabila tidak saya pimpin, bahwa bisa dilanjutkan mereka," ujar Dahlan.

Di ujung wawancara, Dahlan juga menyebut saat ini sedang keadaan kurang sehat.  "Saya sedang kurang enak badan, nanti saya lanjutkan ya," ujar Dahlan diringi batuk yang tak berkesudahan, sebelum mengakhiri telepon.

Dalam surat yang beredar, Dahlan menyebut berbagai kemajuan di daerahnya berkat perhatian Presiden Jokowi. Namun, rupanya capres 01 itu kalah di Mandailing Natal, sehingga dia merasa perlu bertanggung jawab.