Riau

Pesta Demokrasi, Polisi Masih Lakukan Pengamanan Penghitungan Suara

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Terkait Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan pada 17 April 2019 lalu, sebagaian besar anggota Polda Riau, belum ditarik, karena masih mengamankan pemungutan surat suara.

Sebagian besar, petugas masih mengamankan kotak suara, hingga proses perhitungan di Kantor Camat setiap Kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

"Petugas masih di lapangan (belum ditarik, red) menyebar di daerah. informasinya masih melakukan pengamanan proses penghitungan suara di TPS," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Ahad (21/4/2019).

Lanjut Sunarto, petugas dilapangan masih mengawal dokumen yang penting, hingga sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Selanjutnya, masih menurut dia, barulah personel yang terlibat dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) ini kembali ke Polres masing-masing, menunggu instruksi selanjutnya.

"Nanti tergantung para pimpinannya (Kapolres) di wilayah, apakah sudah dinilai aman atau bagaimana. Jika memang sudah aman baru anggota boleh kembali," tambahnya. 

Lebih lanjut, Sunarto menyebut hambatan petugas di lapangan yang ada, sebatas dengan masalah geografis. Dia menuturkan, sudah jauh hari koordinasi dengan penyelenggara Pemilu (KPU jajaran tingkat PPK dan PPS).

"Kendala atau kesulitan kita hanya masalah geografis, jarak yang jauh dan sulit kita dahulukan untuk berangkatnya. Daerah yang sulit itu di Kabupaten Pelalawan dan Kuansing," pungkasnya. (Wan)