Riau

Antisipasi Money Politik dan Gangguang Pemilu, Bawaslu dan Polres Siak Gelar Patroli Bersama

RIAULINK.COM, SIAK - Mencegah ganguan dalam masa tenang Pemilu 2019 sekaligus antisipasi terjadinya Money Politik, Bawaslu dan Polres Siak gelar patroli bersama, Senin (15/4/2019) sekira pukul 21.00 WIB.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK melalui Kasat reskrim Polres Siak AKP M  Faizal Hamzami, dan Ketua Bawaslu Siak Moh Royani SIP, yang diwakili Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Siak Ahmad Dardiri SE.

Kegiatan Patroli gabungan itu melibatkan 20 orang, terdiri dari personel kepolisian, kejari Siak dan anggota bawaslu Kabupaten Siak yang tergabung dalam Sentral Gakkumdu.

"Di hari masa tenang ini, kita melakukan giat untuk mengantisipasi tindakan radikal yang mengganggu Pemilu 2019, serta mencegah adanya politik uang (money politik, red)," terang Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Siak Ahmad Dardiri SE.

Hal serupa juga disampaikan Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, melalui Kasat Reskrim Polres Siak AKP M Faizal Hamzami. Ia mengatakan, di hari tenang Pemilu 2019 ini seharusnya tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang dapat merusak hari tenang menjelang hari pencoblosan Pemilu 2019 nanti.

"Kegiatan ini di gelar selama 2 hari menjelang hari pencoblosan nanti, target kita malam ini adalah money politik dan tindakan radikal yang dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Usai melakukan apel di Kantor Bawaslu Siak, rombongan Patroli mengunjungi gedung Kesenian Kabupaten Siak, yang merupakan tempat penampungan bahan-bahan logistik Pemilu di Siak.

Setelah itu, tim Patroli melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bungaraya, mengunjungi Kantor Panwascam Bungaraya dan Kantor Camat Bunga Raya.

Di Kantor Panwascam Bungaraya, tim patroli di sambut langsung Ketua Panwascam Bungaraya Mulyadi. Dirinya mengatakan, 2 hari sebelum pemilihan ini, di Kecamatan Bungaraya sedang giatnya melakukan patroli.

"Sekarang kita lagi melakukan persiapan untuk pengawas di TPS nanti serta kita secara bergantian melakukan patroli untuk mengantisipasi tindak money politik," sebutnya.

Di kantor Panwascam Bungaraya itu, AKP M Faizal Hamzami dan Ahmad Dardiri memberikan pemahaman menjaga keamanan kepada anggota panwascam terkait persiapan pemilu 2019 yang terhitung tinggal 2 hari lagi.

Usai memberikan arahan kepada Panwascam Bungaraya, Tim Patroli melanjutkan perjalanan menuju Kantor Camat Bungaraya, untuk melihat kondisi penyimpanan kotak suara dan kelengkapan Pemilu 2019 di Bungaraya.

Terletak di Aula Kantor Camat Bungaraya, Kotak Suara dan perlengkapan Pemilu 2019 itu terlihat sangat rapi disusun dan dibungkus dengan plastik serta di jaga extra oleh petugas. 

"Malam ini kita telah bersama-sama melihat di dua Kecamatan ini (Kecamatan Siak dan Bungaraya, red) masih dalam kondisi kondusif. Semoga hal ini akan terus terjaga hingga berakhirnya pesta Demokrasi ini," pungkas AKP M Faizal Hamzami. (Iqbal)