Riau

Tiga Layanan Aplikasi Media Sosial Terpopuler Down

Said Zulkifli dan Hendri, warganet Tembilahan pengguna WhatsApp, Instagram, dan Facebook. (Foto: Ray/ Riaulink)

RIAULINK.COM, INHIL - Aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang kerap disebut WA, aplikasi berbagi foto Instagram (IG), serta media sosial yang merupakan induk perusahaan keduanya yaitu Facebook (FB) tidak dapat diakses secara global sejak Minggu (14/4) sore, hingga ba’da Magrib.

Para pengguna WhatsApp melaporkan tidak bisa mengirim pesan ataupun membuka konten foto, suara, dan video yang masuk sebelum layanan itu down.

Sementera pengguna Facebook mengeluhkan tidak bisa membuka layanan media sosial itu, baik menggunakan komputer, maupun seluler. Tapi berbagai notifikasi sempat masuk walau tidak bisa diakses.

Hal serupa menjadi keluhan pengguna Instagram, sejumlah orang mengaku tak bisa membuka layanan itu sekitar pukul 18.00 WIB. Padahal akses internet terjangkau dan lancar.

Penasaran dengan hal tersebut, Riaulink.com mengkonfirmasi beberapa warganet Tembilahan pengguna aplikasi tersebut.

“WA, IG, sama FB saya tak mau digunakan dari tadi sore,” ujar Said Zulkifli (26), salah seorang warga Tembilahan pengguna ketiga aplikasi tersebut, kepada Riaulink.com.

Rekannya, Miftah (24) menduga kuota internetnya telah habis.

Sempat kebingungan, akhirnya para warganet pengguna aplikasi tersebut menyadari bahwa memang ketiga aplikasi terpopuler itu sedang ada masalah koneksi.

“Tapi browser lain, youtube, sama aplikasi berita mau dibuka. Berarti memang WA, IG, dan FB yang bermasalah,” timpal Hendri (26).

Ternyata, gangguan layanan ketuga aplikasi tersebut tak hanya terjadi di Indonesia.

Dilansir dari Antaranews.com dalam situs Downdetector.com, sejumlah pengguna dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Perancis, Thailand hingga Oceania mengaku mengalami gangguan aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, bahkan Facebook Messenger.

Sementara The Verge melaporkan gangguan layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook itu merupakan gangguan kedua yang terjadi dalam satu bulan.