Riau

Dermaga Rakyat Hancur, Dishub Siak dan Syahbandar KSOP Sei Pakning Saling Lempar Tudingan

RIAULINK.COM, SIAK - Dermaga Penyeberangan Rakyat Kampung Suak Merambai Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, Riau hingga saat ini belum diperbaiki, semenjak ditabrak oleh kapal Trusdaya pengangkut serbuk kayu PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang.

Dinas perhubungan dan Syahbandar KSOP Sei Pakning saling melempar tudingan, saat dimintai keterangan oleh awak media.

Seperti dikatakan Kadis Perhubungan Siak Arif Fadillah, saat dikonfirmasi awakmedia mengatakan, yang harus bertanggung jawab dalam kejadian itu adalah Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan KSOP yang berkantor di Sungai Pakning.

"Kita sudah laporkan hal tersebut, karena tugas kita adalah melaporkan, kita minta agar itu diganti. Kita sudah menyurati KSOP Sungai Pakning, kita menunggu dari KSOP meminta meminta agar yang bersangkutan itu bertanggung jawab," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Kesber KSOP Kelas III Sungai Pakning, Embing SE MSi menjelaskan, statemen dari pak Kadis Perhubungan Siak itu tidak benar dan harus segera diklarifikasi.

"Kejadian itu penyeselesaiannya antara pihak Perusahaan pemilik kapal dan Dinas Perhubungan. Apabila sudah mencapai kesepekatan, baru bisa ditindak lanjuti," sebut Embing kepada Riaulink.com, Minggu (14/4/2019) pagi.

Embing mengatakan, perkiraan saya antara pihak perusahaan pemilik kapal dan Dinas Perhubungan Kabupaten Siak sudah melakukan pertemuan, permasalahan iti juga sudah ada kesepakatan kedua belah pihak, antara pihak perusahaan pemilik kapal dengan Dinas Perhubungan Siak. 

"Terkait pertemuan dan kesepakatan mereka seperti apa, tentu yang bisa menjelaskan adalah dinas perhubungan. Perundingan kedua belah pihak Perusahaan pemilik kapal dan Dinas Perhubungan saja kami tidak tahu. Kalau mau tahu persisnya sebaiknya ke Dinas Perhubungan saja. Saya sudah meminta kepada Dishub agar masalah ini cepat diselesaikan. Tapi mengapa Kepala Dinas Perhubungan Siak, mengatakan yang bertanggung jawab adalah KSOP, itu sangat salah," Tegas Embing.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Arif Fadhillah melalui Kepala Bidang Laut, Jon Hendri menerangkan, Dermaga Penyeberangan Rakyat di Kampung Suak Merambai Kecamamatan Bungaraya itu merupakan Aset Dinas Perhubungan Kabupaten Siak.

"Memang benar adanya dermaga penyebrangan rakyat yang ditabrak oleh kapal Trusdaya. Kemaren itu dari pihak perusahaan ada kesanggupan untuk mengganti dermaga yang telah tertabrak oleh mereka, pun demikian mereka juga punya asuransi," sebutnya.

Dikatakannya, pihak Dinas Perhubungan dan pihak perusahaan kapal tersebut telah melakukan kesepakatan.

"Untuk perbaikan dermaga tersebut, paling cepat dapat diselesaikan minimal tiga bulan terhitung dari kejadian," terangnya.

Hingga kini, Dermaga Penyebrangan Rakyat yang terletak di Kampung Suak Merambai Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak itu masih belum bisa digunakan oleh masyarakat.

"Kita harap, pemerintah jangan hanya diam. Mohon segera diselesaikan. Karena dermaga ini sangat berarti bagi kami, untuk menyandarkan perahu kami serta sebagai tempat warga untuk bepergian menghunakan transportasi air," harap Atan, warga Kampung Suak Merambai. (RIZAL IQBAL)