Riau

Bawaslu Meranti Akan Tertibkan APK, Serta Memantau Politik Uang

RIAULINK.COM, MERANTI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Meranti menggelar Coffe Morning Bersama Satuan Polisi Lalulintas (Polantas) dan media di Kopitiam Jalan Diponegoro Kabupaten Meranti, Ahad (13/4/2019).

Coffee Morning ini dengan tema "Mensukseskan Penertipan alat peraga kampanye (APK) dan tolak politik Uang.

Kegiatan ini diawali Jalan Santai yang ditaja Bawanslu Kabupaten Meranti dan dilanjutkan Coffee Morning Bawanslu.

Dalam pertemuan dilantai dua, Samsurizal Ketua Bawanslu Kabupaten Kepulauan Meranti mengajak kepada media Untuk bersama sama-memantau politik uang yang dilakukan peserta pemilu di masa tenang saat ini.

"Ayo kita bersama sama menjaga dan memantau Jalannya pemilu dimeranti ini bisa berjalan aman, damai dan bersih dari poltik uang," kata Ketua Bawanslu.

Samsurizal menambahkan, akan melakukan patroli di kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa untuk menertibkan APK.

"Kini masa tenang, kami dari Bawanslu akan menggelar patroli di setiap desa Kecamatan dan Kabupaten menertibkan APK serta memantau untuk menghindari money politik," katanya. 

Ia juga menyampaikan, setiap tim caleg maupun masyarakat dilarang membawa ponsel dibilik suara,  dan dilarang menggunakan Atribut partai maupun atribut caleg saat mnggunakan Hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu juga perlu diketahui juga Calon Legislatif (caleg) tidak dibenarkan memberikan mandat untuk saksi Pribadi. Untuk saksi di TPS yang berhak mengeluarkan oleh partai politik bukan peserta politik yang mencalonkan diri.

Pada kesepatan itu juga Teguh W Kasat Lantas Polres Meranti, AKBP Teguh W,  mengatakan pentingnya menjaga lalulintas, sehingga tetap berjalan dengan baik dalam mengawal pembawa kotak suara hingga aman samapi ketitik TPS.

Selain itu, juga menghimbau untuk menjaga keselamatan dalam bekendara, seperti menggunakan helm dan perlengkapan yang lainnya menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

"Kita akan menjaga lalulintas dan akan mengawal kotak suara sampai ke TPS dibeberapa daerah. dan untuk masyarakat disemua kalangan jagalah ketertiban dalam berkendara," pungkasnya.