Serba serbi

Sejarah Mencatat 10 Orang Terkaya Sepanjang Masa

RIAULINK.COM - Mansa Musa dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia yang sepanjang sejarah. Kekayaan penguasa Afrika Barat abad ke-14 itu ditaksir Celebrity Net Worth mencapai 400 miliar dollar AS,atau sekitar Rp 5.720 triliun.

Angka itu hampir tiga kali lipat kekayaan orang terkaya di dunia saat ini,  Jeff Bezos. Pendiri Amazon ini "hanya" mempunyai 131 miliar dollar AS sekitar Rp 1.873,3 triliun. Dengan jumlah kekayaan sebesar ini, Bezos ternyata belum masuk dalam daftar 10 orang terkaya sepanjang sejarah.

Selain Musa, terdapat beberapa miliarder yang juga masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa.

Berikut 10 orang terkaya di dunia sepanjang sejarah seperti dilansir BBC, pekan lalu.

1. Mansa Musa (1280-1337)

Mansa Musa merupakan seorang pewaris kekaisaran Mali yang memiliki 2.000 mil tanah. Dalam tanah tersebut, terdapat emas dan garam. Dalam sejarah, Mansa Musa sempat menjadikan Ekonomi Timur Tengah anjlok selama 10 tahun karena ia membagikan emasnya di Kairo selama ia singgah 3 bulan di sana.

Sejarawan sepakat, kekayaan Mansa Musa tidak bisa dihitung.

2. Kaisar Augustus (63 SM-14 M)

Augustus adalah kaisar Romawi pertama yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi.

Sama seperti Mansa Musa, besaran kekayaannya tidak bisa dihitung.

3. Zhao Xu (1048-1085)

Kaisar Song Zhezong atau lebih dikenal dengan Zhao Xu adalah kaisar ke-7 dinasti Song. Perekonomian Dinasti Song naik secara signifikan saat dia menjabat. Kekayaannya juga tidak bisa dihitung.

4. Akbar I (1542-1605)

Akbar I merupakan Kaisar Mughal ke-3 di Kesultanan Mughol. Kesultanan Mugol mencakup sebagian besar bagian utara dan tengah India.  Kesultanan Mughol yang membuat Taj Mahal berpualam putih di India pada masa pemerintahan raja Shah Jahan, Kaisar Mughal ke-5 untuk mengenang kewafatan istrinya. Kekayaannya tidak dapat dihitung.

5. Andrew Carnegie (1835-1919)

Andrew Carnegie adalah seorang industrialis Skotlandia-Amerika, pengusaha dan dermawan besar. Carnegie menyerahkan sebagian besar uangnya untuk mendirikan berbagai perpustakaan, sekolah, dan universitas di Amerika, Britania Raya dan negara-negara lain, serta dana pensiun bagi mantan karyawan.

Ia sering dianggap sebagai orang terkaya kedua dalam sejarah setelah John D. Rockefeller. Pada masa itu, kekayaannya mencapai 372 miliar dollar AS.

6. John D Rockefeller (1839-1937)

Rockefeller adalah seorang pebisnis Amerika Serikat. Ia memiliki perusahaan minyak yang bernama Standard Oil, yang menjual minyak di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Ia merupakan miliarder pertama dalam sejarah dunia dan dianggap sebagai orang terkaya dalam sejarah Amerika. Kekayaannya diperkirakan mencapai 341 miliar dollar AS.

7. Nikolai Alexandrovich Romanov (1868-1918)

Nikolai Alexandrovich Romanov atau lebih dikenal Nikolai II adalah Tsar terakhir di kekaisaran Rusia. Kekayaannya mencapai 300 miliar dollar AS pada masanya.

8. Mir Osman Ali Khan (1886-1967)

Mir Osman Ali Khan adalah penguasa terakhir Hyderabad dan Berar. Pada masa kekuasaannya ia dikenal sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar 2 miliar dollar AS pada awal tahun 1940-an (saat ini senilai 35,8 miliar dollar) atau 2 persen dari ekonomi Amerika Serikat saat itu.

Sebagai perbandingan, pada masa itu pemerintah India hanya memperoleh pendapatan tahunan sekitar 1 miliar dollar saja.

Total kekayaannya diperkirakan mencapai 230 miliar dollar AS.

9. William Sang Penakluk (1028-1087)

William I dari inggris atau lebih dikenal William sang penakluk dan William dari Normandia. Kekayaannya sangat melimpah dari hasil penaklukannya dan putri-putrinya menikah dengan bangsawan. Kekayaannya mencapai 229,5 miliar dollar AS.

10.Muammar Gaddafi (1942-2011)

Muammar Gaddafi adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai Kepala Revolusioner dari tahun 1969 hingga 1977. Kekayaannya mencapai 200 miliar dollar AS.