Riau

Di Hari Bhakti Rimbawan di Lakukan Penanaman Pohon

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Penanaman pohon hutan bersempena dengan Hari Bhakti Rimbawan ke 36 sekaligus diikuti oleh Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (Gerbangmas) Provinsi Riau, dilakukan di TWA Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Acara dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar beserta ibu Misnarni dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. Pada kesempatan tersebut, hadir pula tokoh adat, tokoh alim ulama dan beberapa NJO serta aktivis lingkungan.

Tujuan kegiatan ini adalah aksi nyata dalam upaya pemulihan lingkungan dan menularkan semangat untuk ikut serta melakukan kegiatan penghijauan sekaligus mendukung 100 hari kerja Gubernur Riau, sempena Hari Bhakti Rimbawan dan IKA SKMA (Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas).

Sasaran kegiatan penanaman pohon ini adalah lahan kritis, lahan terbuka yang tidak produktif, daerah penyangga dan ruang terbuka hijau.

Kegiatan yang dipelopori oleh seluruh elemen rimbawan di Prov. Riau (Dinas LHK Prov. Riau,  UPT Kemen LHK dan IKA SKMA) berlangsung dengan sukses. Dua satwa Gajah Sumatera, Robin dan Ngatini ikut memeriahkan acara tersebut. 

Bibit yang ditanam di sekitar acara seremonial  adalah 900 batang bibit pohon di TWA Buluh Cina serta 3000 bibit pohon di sekitar TWA Buluh Cina. Sedangkan yang dibagi ke masyarakat Desa Buluh Cina dan sekitarnya sejumlah 20.000 batang bibit pohon buah.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau menyampaikan, "Agar bersama sama menjaga lingkungan hijau di Provinsi Riau yang sehat untuk kesejahteraan rakyat," kata Syamsuar, Sabtu (16/3/2019).

Syamsuar juga memberikan arahan bahwa tidak hanya menanam saja,  tetapi menanam harus dibarengi dengan memelihara. (Wan)