Riau

Terdata, Sebanyak 20 Kotak Suara Di KPU Siak Rusak

Kotak suara rusak

RIAULINK.COM, SIAK - Kotak suara yang berbahan kardus untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Siak, terdata sebanyak 20 kotak suara mengalami kerusakan fisik. Hal ini diperkirakan rusak saat perakitan.

"Itu rusak saat perakitan, sampai disini (KPU Siak,Red) sudah seperti itu, semuanya sudah kita laporkan ke KPU RI," Ucap Ketua KPU Siak Ahmad Rizal saat ditemui awak media, Jum'at (15/3) Sore.

Dirinya menjelaskan, Pada pemilu 2019 ini, Kabupaten Siak membutuhkan 6374 Kotak Suara. Akan tetapi, yang telah tiba di KPU Siak sebanyak 6.314 kotak suara.

"Untuk saat ini, dari total kotak suara yang kita butuhkan itu sebanyak 60 kotak suara, dikarenakan ada 20 kotak suara yang rusak, saat ini kita masih membutuhkan 80 kotak suara lagi," jelasnya.

Dikatakannya, seluruh kotak suara itu nantinya akan disebar ke seluruh TPS di Kabupaten Siak, dengan 5 kotak suara di setiap TPS. 

"Di Sini (Kantor KPU, Red) kita sediakan 5 kotak suara dan di PKK setiap Kecamatan kita letakkan 11 kotak suara. Untuk pendistribusiannya kita lakukan dua tahap. Yang pertama bilik suara, dan yang kedua formulir undangan pemilih (C6)," jelasnya.

Pendistribusian perlengkapan pemilih untuk Pemilu 2019, akan didistribusikan pada tanggal 10 April 2019 mendatang. (IQBAL)