Riau

Baznas Siak Luncurkan Program Sikah

RIAULINK.COM, SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak luncurkan program Siak Berinfaq dan Sedekah (Sikah). Program ini akan dimulai dari sekolah - sekolah yang berada di Kabupaten Siak.

Hal ini disampaikan ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa saat dikunjungi Riaulink.com diruang kerjanya, Jum'at (15/3) siang.

Addul Rasyid mengakatan, program Sikah tersebut merupakan sebuah program yang diharapkan sebagai sarana dan gerakan pengoptimalan kebiasaan berinfaq dan bersedekah dikalangan pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan.

"Program ini merupakan pengembangan dari program yang telah diresmikan pak Syamsuar ketika masih menjadi Bupati Siak, yang diresmikan pada tanggal 31 Desember lalu," ucapnya.

Ia menuturkan, tujuan program ini kesekolah-sekolah itu, karena program ini untuk melatih karakter anak-anak usia dini agar membiasakan diri bersedekah dan berzakat.

"Kebiasan berinfaq itu kita tanamkan di mulai dari anak-anak sekolah supaya mereka terbiasa untuk peduli terhadap sesama dan menjadi kebiasaan untuk mereka kedepannya. Sekarang ini sudah kita jalankan di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Kecamatan Tualang, Kecamatan Sungai Mandau dan Kecamatan Siak," sebutnya.

Dijelaskannya, hasil infaq yang terkumpul nanti, akan dikumpulkan di setiap UPZ setiap Kecamatan, dan kemudian diserahkan ke Baznas dan kemudian Baznas akan realisasikan kembali ke setiap sekolah.

"Jika infaq tersebut sudah terkumpul nanti, semua infaq tersebut diserahkan ke kita (Baznas, Red), melalui UPZ setiap kecamatan dan kemudian kita serahkan kembali ke Sekolah-sekolah tersebut untuk kebutuhan siswa dan siswi yang membutuhkan," jelasnya. (Iqbal)