Riau

Gubri Akan Kembangkan Keramba Laut untuk Warga Pesisir

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengembangkan potensi perikanan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat presisir Riau.

"Pesisir Riau ini penuh dengan penghasilan ikan. Kenapa tidak kita kembangkan seperti di Sulawesi Selatan," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, seperti dilansir dari laman Cakaplah.com, Kamis (14/3/2019).

Dia mengatakan, di Sulawesi Selatan produksi perikanannya cukup besar. Dimana hasilnya tidak hanya untuk dalam negeri, tapi juga ekspor ke luar negeri.

"Saya kira Riau juga bisa seperti itu. Di Sulawesi Selatan itu sepanjang pantainya ada budidaya ikan keramba. Jadi kebiasaan masyarakat Bugis itu, ibu-ibunya kerja di sawah, bapaknya kerja di laut," katanya.

"Kalau kita pikir Riau ini memiliki pantai yang panjang, kenapa tak bisa dibuat seperti itu," sambung mantan Bupati Siak dua periode ini.
Lebih lanjut Syamsuar menyampaikan, saat ini masyarakat di wilayah pesisir Riau, khususnya di Bengkalis, sudah membudidayakan tambak udang Paname. Hanya saja saat ini nelayan mengalami kendala dalam memasarkannya.

"Di Bengkalis ada 30 nelayan Curhat dengan saya, dia buat budidaya tambak udang Paname. Sekarang hasil udang Paname itu ekspor ke Amerika, cuma yang bawa udangnya ke luar negeri itu dari Medan, baru diekspor ke Amerika," ujarnya.

"Produksi udang Paname di Bengkalis menghasilkan 100 ton per bulan. Tolong dinas perikanan selesaikan persoalan ini, supaya potensi ini bisa menjadi ikon di daerah pesisir," tambahnya.

Bahkan, sebut Syamauar, saat ini masyarakat di Sungai Apit, Siak, juga sudah mulai mengembangkan usaha tambak udang Paname.

"Saya pikir masyarakat Riau ini asal usaha memiliki nilai ekonomis pasti mereka mau. Saya kira tak susahlah mengurus masyarakat kita asal pemerintah mau mengurusnya," cakapnya.