Riau

'Lubang Maut' di Jalan Lintas Perawang - Dayun Intai Pengendara Motor, Kapolres Siak Himbau Warga Berhati-hati

Jalan lintas Perawang - Koto Gasib yang berlubang bahayakan pengendara sepeda motor saat melintas. (Fhoto: Iqbal/Riaulinkcom)

RIAULINK.COM, SIAK - Ribuan lobang di jalan lintas Perawang - Koto Gasib bahayakan pengendara sepeda motor.

Hal ini terlihat pada Selasa (12/3/2019) Sekira pukul 19.30 WIB, tepatnya di Kampung Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

2 unit sepeda motor nyaris ditabrak truck ekspedisi, yang berkecepatan tinggi akibat rem mendadak karena lobang jalan yang cukup besar.

"Lobang - lobang ini tidak kelihatan di malam hari mas, padahal kecepatan sepeda motor kita hanya 60 Km/jam, alhamdulillah mas kita gak kenapa-kenapa, cuma velg motor aja sepertinya yang bengkok," ujar suyatno warga Kecamatan Tualang sepulang dari rumah keluarganya di Koto Gasib.

Dirinya mengatakan, kejadian ini bukan sekali terjadi padanya. Beberapa minggu lalu dirinya harus mendorong motornya puluhan kilometer akibat menabrak lobak jalan sehingga ban motornya bocor.

"Ini bukan kali pertama yang saya alami mas, dalam satu bulan ini saja sudah 2 kali saya seperti ini. Sebelumnya, saya mendorong motor saya ini hingga ke bakal (Kampung Tualang Timur, Red), karena menghindar mobil besar yang ingin mendahului saya, saya mengalah hingga terpaksa harus menabrak lobang jalan itu," Jelasnya.

Diceritakannya, Kalau kita dari Perawang, sekarang sudah ribuan lobang yang menghantui kita. Dimulai dari Jalan Pemda hingga ke Simpang 4 kilometer 11 Kecamatan Koto Gasib. "Apakah nunggu hingga menjadi jutaan lobang lagi baru di perbaiki jalan itu," cetusnya kesal.

Besar harapannya terhadap instansi terkait, agar segera menuntaskan problema jalan yang tahun ke tahun dinilainya tidak ada perbaikan.

"Intinya, kita harap pemerintah harus segera memperbaiki jalan tersebut, jangan tunggu masyarakat melakukan aksi dulu baru bertindak," ucapnya.

Mengetahui hal tersebut, Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK menghimbau kepada pengendara yang melintasi jalan-jalan berlobang seperti, lintas Perawang menuju Koto Gasib, lintas Koto Gasib Menuju Pangkalan Kerinci dan jalan lintas lainnya yang dinilai akan menimbulkan kecelakaan, pengendara harus selalu berhati-hati serta menjaga laju kendaraannya.

"Kita himbau kepada masyarakat yang melintas di jalan-jalan tersebut, agar menjaga laju kendaraannya maksimal 60 Km/jam, hindari bepergian di malam hari, dan selalu menjaga jarak iring," himbau kapolres.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto saat dikonfirmasi melalui aplikasi whatsapp dengan sambungan telepon di nomor 0811-7573-5XX belum berhasil dikonfirmasi awak media. (Iqbal)