Ekonomi

Car Free Night Pekanbaru akan Dibuka Akhir Pekan Ini

Ilustrasi.int

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan Car Free Night (CFN) di Kota Pekanbaru yang sempat tertunda dipastikan akan digelar pada 16 Maret 2019. Untuk melauncing CFN tersebut, Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru akan merangkul pelaku ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, Nurfaizal, mengatakan launching CFN sempat ditunda karena ada kegiatan HUT Damkar ke-100 yang dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

“Setelah selesai acara HUT, tentu kita jadwalkan ulang karena masih ada yang perlu dipersiapkan. Tapi untuk launching CFN, kita akan gelar dipertengahan bulan Maret,” katanya, Selasa (12/3/2019).

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 16 subsektor ekonomi kreatif di kegiatan Car Free Night Pekanbaru.

“Mereka terdiri dari kuliner, kria, fashion dan foto. Yang jelas kita tak membatasi, asal mereka memiliki kreativitas,” imbuhnya.
Ia menambahkan, CFN konsepnya akan dibuat hampir sama dengan Car Free Day (CFD).

Dibuka malam hari dari pukul 18.00 sampai 23.00 WIB setiap Sabtu malam. Tidak hanya itu saja, dengan dibukanya CFN ini pihak Dinas Pariwisata berharap bisa membuka peluang kepada pelaku usaha UMKM ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“CFN bukan hanya fokus kawasan bebas kendaraan saja tapi disana kita juga siapkan tempat sebagai wisata belanja barang dan makanan khas Pekanbaru, agar perekonomian masyarakat pun terangkat,” pungkasnya.

Lokasi CFN di Jalan Juanda Senapelan, sampai ke pelabuhan Indonesia (Pelindo) di pinggiran sungai Siak, hingga ruang terbuka hijau (RTH) dan di sekitar rumah dinas Walikota Pekanbaru, jalan Ahmad Yani.