Olahraga

Real Madrid Wajib Khawatir saat Menjamu Ajax Amsterdam

Stadion Santiago Bernabeu kurang bersahabat untuk Real Madrid pada musim ini. (PAU BARRENA / AFP)

RIAULINK.COM - Reald Madrid wajib khawatir saat menjamu Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 di Santiago Bernabeu, Selasa (5/3) waktu setempat. Belakangan stadion kebanggaan mereka seperti tidak bersahabat.

Los Merengues menelan kekalahan beruntun dalam tiga laga terakhir saat bermain di hadapan publik sendiri. Catatan itu merupakan salah satu yang terburuk sepanjang sejarah Real Madrid.

Dalam waktu dua pekan, Real Madrid takluk 1-2 dari Girona di Liga Spanyol, kemudian dua kali kalah dari seteru abadi, Barcelona di Liga Spanyol dan Copa del Rey di Santiago Bernabeu.

Rapor buruk di kandang menjadi peringatan untuk Real Madrid untuk berhati-hati melawan Ajax. Apalagi, skuat asuhan Santiago Solari tidak akan diperkuat Sergio Ramos yang absen karena sanksi.

Real Madrid hanya meraih dua kemenangan dalam lima laga terakhir di Liga Champions saat bermain di kandang. Dari lima laga itu, tim ibukota Spanyol mencetak sembilan gol.

Di Liga Champions musim lalu, Real Madrid takluk 1-3 dari Juventus dan ditahan Bayern Munchen 2-2 di Santiago Bernabeu. Sedangkan musim ini, tim pengoleksi 13 gelar Liga Champions itu pernah dipermalukan CSKA Moskow 0-3 di fase grup lalu.

Laga kontra Ajax juga menjadi pertaruhan terakhir bagi Real Madrid agar tidak hampa gelar musim ini. Ramos dan kawan-kawan hanya punya peluang di Liga Champions setelah tersingkir dari ajang Copa del Rey dan tipisnya kesempatan untuk meraih gelar Liga Spanyol.

Kekalahan 0-1 dari Barcelona membuat Real Madrid terpaut 12 poin dari Blaugrana yang kukuh di puncak klasemen. Oleh karena itu, sulit bagi Real Madrid untuk berharap mengangkat trofi Liga Spanyol di akhir musim.

Real Madrid menatap laga kandang melawan Ajax Amsterdam dengan keunggulan 2-1 pada leg pertama 16 besar Liga Champions, dua pekan lalu. Dua gol dari Karim Benzema dan Marco Asensio dibalas satu gol Hakim Ziyech.