Peristiwa

130 Personel Brimob Diturunkan Padamkan Karhutla di Rupat dan Dumai

RIAULINK.COM, DUMAI - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menurunkan BKO dari Brimob untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sebanyak 130 personel turun ke Rupat, Kabupaten Bengkalis dan Dumai.

"Hari ini kami turunkan tambahan BKO dari Brimob. Dua Kompi diturunkan ke Bengkalis dan Dumai," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sumarto, Jumat (1/3/2019).
 
Sunarto mengatakan, Kompi A yang berada di Pekanbaru sudah diberangkatkan ke Bengkalis sekitar pukul 10.00 WIB. "Jumlahnya satu SSK (Satuan Setingkat Kompi)," kata Sunarto.

Sementara satu Satuan Setingkat Pleton (SST) yang berjumlah 30 orang personel digeser dari Kabupaten Rokan Hilir ke Dumai. "Juga kita berangkatkan tadi pagi," tambah Sunarto.

BKO Brimob itu diturunkan dengan perlengkapan, termasuk alat pemadam  yang dibutuhkan untuk. Saat ini, personel sudah turun membantu pemadaman api, bergabung dengan pasukan lain.

Sejauh ini, kata Sunarto, jumlah titik api di dua daerah tersebut sudah berkurang. Turunnya hujan juga membantu pemadaman api. "Jumlahnya sudah turun drastis," kata Sunarto.

Sunarto juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan. Pasalnya, pembakaran lahan hanya akan merugikan masyarakat dan mengakibatkan kabut asap.

"Mari kita sama-sama peduli terhadap lingkungan. Mari kita antisipasi dengan membangun kesadaran bersama," imbau Sunarto.

Sejauh ini, luas lahan yang terbakar sudah mencapai 1.178 hektare, paling parah terjadi di Pulau Rupat, Bengkalis. Sejak awal Januari 2019, lokasi tersebut belum berhasil dipadamkan, karena sumber air untuk upaya pemadaman sulit dijangkau.