Lifestyle

5 Negara yang Warganya Paling Sering Gunakan HP

Warga menggunakan hp. (Foto: Ray)

RIAULINK.COM - Pengguna handphone (HP) semakin pesat. Mereka biasanya menggunakan handphone untuk mengecek pesan masuk atau sekadar bermain game. Total ada sekitar 194 aplikasi yang diunduh oleh pengguna. Karena banyaknya aplikasi, maka pengguna menjadi lebih sering membuka handphone mereka.

Menurut App Annie, adanya keinginan untuk membuka handphone setiap harinya karena adanya dorongan kumulatif momen mikro yang secara terus-menerus sepanjang hari. Biasanya pengguna memeriksa email, melihat artikel berita memeriksa keuangan mereka via mobile, atau sekadar bermain game.

Mengapa handphone paling sering digunakan? Karena mudah dibawa ke mana-mana. Berikut negara-negara yang warganya paling sering menggunakan handphone. 

1. Indonesia

Menurut App Annie, warga Indonesia menjadi negara terlama saat membuka handphone. Di Indonesia, masyarakat bisa menghabiskan lebih dari 4 jam sehari untuk membuka aplikasi di handphone mereka. Ada 17 persen pengguna handphone sepanjang hari yang selalu membuka aplikasi, entah itu email, game, atau aplikasi streaming.

2. China

Masyarakat China menggunakan handphone mereka sekitar 3,7 jam dalam sehari. Menurut penyedia data seluler dan analisis App Annie dalam laporan "The State of Mobile 2019", China menyumbang hampir setengah dari total aplikasi yang diunduh pada tahun 2018.

3. Korea Selatan

Di Korea Selatan, masyarakatnya menggunakan handphone sekitar 3,5 jam dalam sehari. Mereka biasanya menggunakan handphone untuk bermain game. Hal ini diketahui dari survei yang dilakukan di Korsel. Hasilnya, ada 55 persen orang yang menggunakan handphone Android untuk bermain game setidaknya sebulan sekali. 

Berdasarkan data perusahaan analisis aplikasi WiseApp yang melibatkan sekitar 2.300 pengguna smartphone, tercatat 80 persen pemilik smartphone menggunakan platform Android.

 

4. Jepang

Di Jepang, masyarakat biasa menggunakan handphone selama 3 jam sehari. Biasanya mereka menggunakan handphone untuk bermain game di situs resminya untuk hindari pembajakan. Mereka juga menggunakan handphone untuk mengirim pesan melalui aplikasi chatting.

5. Prancis

Tak seperti masyarakat di negara lainnya, masyarakat di Prancis hanya bermain handphone sekitar 2 jam dalam sehari. Mungkin karena salah satu kebijakan pemerintah Prancis yang melarang penggunaan handphone di sekolah. 

"Larangan umum pengguna ponsel di sekolah dan perguruan tinggi telah diadopsi. (Ini) bentuk komitmen yang dilakukan," tulis Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui akun Twitternya @EmmanuelMacron.