Lingkungan

Titik Api Terus Bertambah di Riau, Pagi Ini Pekanbaru Berkabut

Kabut Asap. (Fhoto : Internet)

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa sebagian wilayah di Riau sejak pagi ini berkabut. Seperti Kota Pekanbaru, Dumai, Indragiri Hulu dan Pelalawan.

Akibatnya, jarak pandang pun menurun menjadi 4-5 km. Namun kondisi ini belum mengganggu kegiatan penerbangan di Riau.

Sementara di bagian utara Riau, dari pantauan satelit terdeteksi masih banyak terdapat hotspot. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan titik api.

Saat ini ada 39 titik panas yang tersebar di Riau, 33 titik di antaranya berapa di Kepulauan Meranti.Disusul Bengkalis tiga titik, serta Inhil, Rohil dan Pelalawan masing-masing satu titik.

"Dari 39 hotspot tersebut, 35 titik memiliki tingkat kepercayaan di atas 70 persen. Sebarannya, di Meranti 31 titik, Bengkalis tiga titik, dan Rohil satu titik," cakap Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Sukisno.

Untuk arah angin sendiri, pagi ini dalam kondisi calm atau tenang. Kondisi ini terjadi sejak dini hari tadi hingga saat ini.

Ia mengatakan bahwa cuaca di Riau pagi ini secara umum cenderung cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hanya terjadi di Kuansing, Kampar, Rohil dan Inhu.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat baru terjadi sekitar siang atau sore hari di beberapa wilayah, yakni di Kuansing, Rohul, Pelalawan, Kampar, serta Dumai.