Olahraga

MU Kini Lebih Ofensif, Liverpool Bisa Diuntungkan

Liverpool bertandang ke Manchester United akhir pekan ini. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)

RIAULINK.COM - Perubahan gaya bermain Manchester United di bawah  Ole Gunnar Sokskjaer dinilai bisa menguntungkan Liverpool. Akan ada banyak celah untuk dimanfaatkan.

Liverpool akan bertandang ke Old Trafford, Minggu (24/2/2019) malam WIB dalam laga pekan ke-27 Premier League. Ini jadi pertemuan pertama Liverpool dengan MU sejak sang rival berganti manajer.

Salah satu yang bisa dijadikan indikator adalah bagaimana 'Setan Merah' mengalami peningkatan produktivitas gol. Dalam sembilan laga di bawah arahan Ole Gunnar Solskjaer di Premier League, MU mencetak 23 gol (rata-rata 2,5 gol per laga).

Sementara bersama manajer sebelumnya yakni Jose Mourinho, MU cuma bikin 29 gol dalam 17 pertandingan (rata-rata 1,7 gol per laga). Dari total 15 kemenangan yang dipetik MU sejauh ini, delapan di antaranya bahkan diraih timnya Solskjaer.

MU-nya Solskjaer masih belum terkalahkan di sembilan laga, dengan delapan kemenangan dan sekali imbang. Sedangkan 17 laga di bawah Mourinho musim ini menghasilkan tujuh kemenangan saja, dengan lima kali berimbang dan lima kekalahan.

Eks bek Liverpool Jamie Carragher mengantisipasi pertandingan terbuka di akhir pekan ini. Dia memperkirakan Liverpool akan menikmati lebih banyak celah di Old Trafford ketimbang biasanya.

"Cara mereka menyusun diri sekarang, mereka sangat ofensif, mengambil inisiatif, menarik untuk ditonton. Mungkin itu akan memberikan Liverpool kesempatan lebih besar dalam hal celah di Old Trafford," katanya dikutip Liverpool Echo.

"Setiap kali timnya Mourinho melawan Liverpool di Old Trafford, selalu hanya ada sedikit ruang untuk Mane dan Salah. Mereka selalu mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir."

"Jadi itu mungkin berubah, mungkin akan jadi laga yang sedikit lebih terbuka. Tapi catatan Liverpool sangatlah buruk di Old Trafford sejak kepergian Sir Alex Ferguson, jadi itu adalah sesuatu yang mesti berubah," imbuhnya.

Liverpool sendiri saat ini adalah tim terproduktif kedua di Liga Inggris dengan 59 gol. Mereka hanya kalah dari Manchester City yang sudah bikin 74 gol.