Politik

Safari Politik ke Sulsel, Ma'ruf Amin Terima Gelar 'Karaeng Manaba' Pemimpin Bijak

Photo :Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin/karaeng manaba

RIAULINK.COM - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mendapat gelar Karaeng Manaba yang berarti pemimpin bijak dari Kerajaan Karaeng Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan. Ma'ruf mendapatkan gelar ini dalam safari politiknya ke Sulsel.

Penyematan gelar dihelat di Istana Balla Lompoa, dan diserahkan langsung oleh sang Ketua Adat Karaeng Galesong Roem Mattawang.

Dalam acara, sekitar 200 orang warga sekitar turut menyaksikan pemberian gelar kepada Mustasyar PBNU itu.

"Kita harapkan bilamana beliau terpilih akan kembali membangun dan memimpin bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. Itu lah makna Karaeng Manaba," kata Roem di lokasi penyematan gelar, Rabu 20 Februari 2019.

Roem menuturkan, bahwasanya Kerajaan Galesong punya keterkaitan dengan Ma'ruf. Dahulu kala, sang Raja terdahulu kerap berpetualang ke Pulau Jawa dan mampir ke Banten, yang diketahui tempat Ma'ruf berasal. Adapun seremoni penyematan gelar yakni penyematan songkok khas Kerajaan Galesong.

"Dengan sosok Pak Kiai pas dengan nama gelar itu. Orang yang bijak, memiliki pengalaman bukan hanya di bidang agama tapi di pemerintahan kita kenal," ujar dia.

Sementara itu, Ma'ruf menilai, gelar itu merupakan penghormatan baginya. Arti gelar, kata dia, tidak hanya seorang pemimpin bijak, juga bagaimana selaras menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

"Karena itu, gelar ini memberi motivasi, memberikan dorongan, dan juga memberikan semangat. Serta memberi inspirasi untuk saya. Dan saya berarti kalau saya jadi pemimpin, saya adalah termasuk mewakili keluarga Takalar dan Karaeng Galesong," ujarnya.