Riau

Sepakat Kembangkan Wisata Sungai Siak, PT SPE dan Malaka River Cruise Tandatangani Nota kesepahaman

RIAULINK.COM, SIAK - Rencana Pemerintah Kabupaten Siak mengemas wisata Sungai Siak di Siak Sri Indrapura, agar menarik seperti tampilan sungai di Kota Melaka – Malaysia terus berlanjut. 

Direktur PT SPE Tengku Agus Indrajaya dan Cik Aslan bin Abidin penanggung jawab Melaka River Cruise telah bertemu untuk bersama-sama membakukan kesepakatan dalam nota kesepahaman. 

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, sehari sebelum dilantik menjadi Gubernur Riau di Jakarta, berkesempatan menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), antara BUMD Kabupaten Siak PT Siak Pertambangan dan Energi (SPE), dengan Sungai Malaka Eventures, Selasa (19/2) pagi.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs H Tengku Said Hamzah, dan Kepala Dinas Pariwisata H Fauzi hasni, beserta jajaran direksi PT SPE, dan sejumlah perwakilan manajemen Melaka River Cruise. 

Bupati Siak itu saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak, menyambut baik dalam pengembangan kerjasama kepariwisataan ini. 

"Penandatanganan MoU ini bertujuan bekerjasama saling bertukar informasi, dan wawasan untuk mengembangkan pariwisata sungai kedua negara baik Indonesia Malaysia, melalui Kabupaten Siak Provinsi Riau dengan Malaka Malaysia," sebutnya. 

Kedepan kata Syamsuar,  kerjasama kedua negara dan daerah perlu terus dibina untuk saling memajukan berbagai sektor pembangunan daerah. 

"Harapan kita,  setelah kerjasama ini kedua daerah dapat saling mengenal potensi kedua daerah dan tidak terbatas pada pengembangan wisata sungai saja. Kami sangat terbuka untuk investasi dibidang lain dari Negara Jiran Malaysia" ujarnya. 

Sambungnya, Pemerintah Kabupaten Siak tidak bisa bekerja sendiri,  sehingga sangat membutuhkan peran swasta untuk membangun daerah. Sejumlah perusahaan daerah sebelumnya, juga telah melaksanakan kerjasama dengan Pemkab Siak. 

"Kerjasama pengembangan sungai ini menjadi pintu masuk bagi pengembangan bentuk-bentuk kerjasama lainnya di kedua negara seperti kebudayaan ekonomi dan lain sebagainya" ucap Syamsuar saat menceritakan hubungan budaya kedua negara serumpun. 

PT SPE selaku BUMD milik Kabupaten Siak yang ditunjuk mengembangkan potensi wisata sungai di Kabupaten Siak,  sebelumnya perusahaan daerah yang bergerak dibidang operasional perminyakan dan gas. (Iqbal)