Kesehatan

Berapa Lama Ikan Segar Bisa Disimpan di Kulkas?

Ilustrasi ikan segar. (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Salah satu cara terbaik menyimpan makanan dan minuman adalah di lemari pendingin. Dengan suhu rendah, makanan bisa tetap awet dan segar.

Namun, penting untuk mengetahui bahwa penyimpanan makanan di kulkas pun ada batas waktunya, salah satunya ikan segar.

Untuk menjaga kualitas ikan, simpanlah secara benar. Lepaskan kertas pembungkus ikan dari swalayan, kemudian tutup dalam kantong plastik dan keluarkan semua udaranya.

Setelah itu, tempatkan kantong plastik dengan ikan di mangkuk air es saat disimpan di kulkas.

Dua hari adalah rentang aman untuk memasak ikan segar yang disimpan di lemari pendingin.

Badan FDA (Food Drug Association) Amerika Serikat merekomendasikan menyimpan ikan segar, udang, kerang, dan cumi-cumi hanya satu hari, maksimal dua hari di lemari es.

Kendati demikian, ada beberapa jenis ikan yang segarnya bisa tahan lebih lama di tempat penyimpanan, seperti ikan bass, flounder, tuna, swordfish, trout, dan salmon yang dapat bertahan tiga hingga lima hari.

Namun, ikan berminyak, seperti makarel, bluefish dan sarden, memiliki waktu yang sedikit lebih pendek. Pastikan untuk memasak dan memakannya dalam waktu tiga hari. 

Nah, setelah dimasak, biasanya akan ada sisa atau belum termakan. Waktu yang direkomendasikan untuk menyimpan ikan yang sudah dimasak adalah dua hingga tiga hari.