Riau

Buka Sosialisasi BPJS TK, Sekda Inhil Beri Apresiasi terhadap Eksistensi BPJS

Sekda Inhil saat menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Kejaksaan Negeri Inhil dengan BPJS TK Cabang Rengat. (Foto: Randy/ Humas)
RIAULINK.COM, INHIL - Sekda Inhil, H Said Syarifuddin SE MP MSn membuka secara resmi sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat di Aula Kejaksaan Negeri Inhil, Selasa (12/2).
 
Acara disejalankan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama/ Memorendum of Understanding (MoU) Antara Kejaksaan Negeri Inhil dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat.
 
Tampak hadir pada kesempatan itu Kepala Kejaksaan Negeri Inhil Susilo SH, Inspektur Inspektorat Inhil Hj Iriyanti SH MH, Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi diwakili Plt Kabid Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Bazarudin SE, Kepala Kantor BJPS Ketenagakerjaan (TK) Cabang Rengat Iksarudin, peserta sosialisasi, dan para tamu undangan.
 

Kakan BPJS TK Cabang Rengat mengatakan bahwa wilayah BPJS Cabang Rengat meliputi Kabupaten Inhil, Kabupaten Inhu, dan Kabupaten Kuansing.

 
"Kerjasama sebenarnya sudah lama dilakukan, ini merupakan perpanjangan kerjasama yang sebelumnya sudah dilakukan antara Kejaksaan dengan BPJS TK," sebutnya.
 
Pihaknya berharap agar kerjasama dengan Kejaksaan bukan sekedar penagihan saja tetapi juga bekerjasama dalam hal melakukan upaya preventif terhadap kepatuhan dari pemberi kerja dalam hal melindungi hak-hak tenaga kerja di Inhil.
 
"Karena pada intinya kita juga tidak ingin bahwa kejaksaan seperti debit kolektor. Intinya membuat orang itu patuh dan sadar apa kewajiban daripada mereka terhadap tenaga kerja yang dipekerjakan oleh mereka," jelasnya.
 

Sementara itu, Susilo SH mengucapkan terima kasih atas kepercayaan BPJS TK terhadap Kejaksaan Inhil.

 
"Program pemerintah tentang jaminan sosial tahun 2019 diharapkan semua rakyat Indonesia masuk BPJS. Oleh karena itu wajar BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan banyak instansi. Di dalam UU Kejaksaan dijelaskan bahwa kejaksaan tidak hanya sebagai penyidik. Kita turut membantu menyukseskan program ini," paparnya.
 
Dalam proses kerjasama ini, imbuhnya, pihak terkait mengajak untuk merubah pola pikir masyarakat menjadi orang yang berfikir asuransi.
 
"Memberikan pemahaman bahwa hidup bahagia harus investasi. Investasi dunia dengan cara menabung," tukasnya.
 
Selaku Pemkab Inhil, Sekda Said Syarifuddin memberi apresiasi atas eksistensi BPJS yang kerap bekunjung ke Inhil.
 
"Karena memang saya yakin di Inhil ini jauh lebih besar tenaga kerjanya dibandingkan 2 kabupaten yang masuk wilayah Cabang Rengat tersebut," tuturnya.
 
Dirinya bersyukur dan menilai bahwa kerjasama antara Kejaksaan dengan BPJS TK dapat memberi manfaat bagi tenaga kerja yang ada di Inhil.
 
"Alhamdulillah kerjasama ini akan bermanfaat bagi pengembangan BPJS untuk menambah pendapatan dari yang wajib utnuk memberikan pendapatannya. Kemudian juga sesuai program BPJS salah satunya perlindungan tenaga kerja tentunya dengan kerjasama ini program semakin bisa dijalankan dan kita berharap para pekerja yang ada di Inhil masuk ke dalam anggota BPJS terutama yang non PNS," pungkasnya.