Lingkungan

11 Hotspot Terdeteksi di Riau

Ilustrasi.int

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Satelit Modis Terra dan Aqua mendeteksi 16 titik panas (hotspo) di wilayah Sumatera. Dari jumlah tersebut, 11 titik berada di provinsi Riau.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno, mengatakan bahwa 16 hotspot tersebut tersebar di 3 wilayah, terbanyak di Riau.

"Di Sumatra Utara 2 titik, Kepulauan Riau 3 titik dan Riau 11 titik," ujar Sukisno.

Disampaikan Sukisno, 11 hotspot yang terpantau di Riau tersebar di Bengkalis 2 titik, Dumai 2 titik, Siak 2 titik, Inhil 1 titik dan Pelalawan 4 titik.

"Dari jumlah tersebut 5 titik diantaranya memiliki level konfidence diatas 70 persen yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," cakapnya.

Adapun 5 titik tersebut berada di Pelalawan 3 titik, Bengkalis 1 titik dan Dumai 1 titik.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktvitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 derajat celcius dengan Kelembapan udara 55 – 98 persen. Arah Angin berhembus ke Utara – Timur dengan kecepatan 09 - 27 kilometer per jam.