Riau

Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Jadwal Pelantikan Gubernur Riau terpilih Drs. H. Syamsuar M.Si masih belum ditetapkan oleh Kementrian Dalam Negeri RI, meski surat resmi belum dikeluarkan namun Menteri Dalam Negeri Djahjo Kumolo telah memberi sinyal  terkait jadwal pelantikan Gubernur Riau terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 20 February Tahun 2019, pernyataan itu disampaikan oleh Mendagri dalam acara Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (11/2/2019).

Dihadapan para peserta Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Mentri Dalam Negeri Djahjo Kumolo mengatakan Pelantikan Gubernur Riau terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 20 February 2019, hal itu disampaikan Djahyo setelah mendapat pertanyaan dari Kabag Humas Pemprov Riau Fuadi M.Si terkait jadwal pasti pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Pertanyaan itu diutarakan Kabag Humas Pemprov Riau Fuadi didampingi Kabag Humas Sekda Meranti Hery Saputra setelah Mendagri mendengarkan pernyataan Mendagri terkait jadwal pelantikan Gubernur Jawa Timur dan Kaltim yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 February 2019 mendatang.

"Tadi bapak (Mendagri.red) telah menerangkan tentang jadwal pelantikan Gubernur Kaltim dan Jatim yang akan digelar tanggal 19 February 2019 nanti, namun tentang jadwal pelantikan Gubernur Riau belum ditetapkan, dan belum terekspos karena masih menunggu surat dari Kemendagri," ujar Fuadi kepada Mendagri.

Mendapat pertanyaan itu Mendagri menjelaskan bahwa masa jabatan Gubernur Riau habis pada tanggal 19 February 2019, oleh karena itu pelantikan paling cepat akan dilaksanakan pada tanggal 20 February 2019 nanti.

"Pelantikan Gunernur Riau terpilih mudah-mudahan dilaksanakan pada tanggal 20 February 2019, setelah itu akan dilanjutkan dengan pelantikan Gubernur Maluku dan Maluku Utara," ujar Mendagri.

Meskipun jadwal pasti pelantikan belum ditetapkan secara resmi oleh pihak Kemendagri namun dari penjelasan Mendagri itu telah menjawab pertanyaan dari ribuan masyarakat Riau yang menantikan pelantikan Gubernur Riau terpilih. Sebab sinyal dari Kemendagri terkait jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih akan digelar sehari setelah pelantikan Gubernur Jatim dan Kaltim yakni tanggal 20 February 2019 mendatang. (***)