Food

Sederet Durian Termahal di Dunia, 3 dari Indonesia

Ilustrasi durian (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Durian adalah buah yang memiliki banyak penggemar di mana-mana, baik di Indonesia maupun di dunia. Buah berduri berwarna kuning keemasan ini memang dikenal rajanya buah dengan rasa yang nikmat.

Tidak sedikit orang yang gemar dengan buah ini rela mengeluarkan uang banyak dan mendatangi tempat yang jauh untuk mencicipi buah ini loh. Tapi apakah Anda tahu durian termahal di dunia berasal dari mana?

Melansir dari berbagai sumber, Januari lalu, berikut daftar durian termahal di dunia yang memiliki rasa super nikmat dan lezat.

Durian Bawor

Durian bawor ini asli dari pribumi. Kenikmatan durian tersebut ini sangat beda dari durian jenis lainnya. Kenapa begitu? Durian bawor ini merupakan penyempurnaan rasa dari durian monthong khas Thailand. Di Kediri, Jawa Timur, tepatnya di Desa Jambu ada durian bawor dibanderol sampai Rp1,2 juta per buah.

Durian Musang King

Durian yang berasal dari Malaysia ini, diminati oleh berbagai negara seperti Hong Kong, Cina, Singapura, dan Australia. Tingginya peminat durian musang king membuatnya pernah dibandrol dengan harga mencapai 2,6 juta per kilogram. Padahal di Indonesia Anda bisa mendapat satu buah durian lokal (bukan musang king) dengan harga 100 ribu rupiah saja.

Durian Tai Babi

Mungkin namanya terdengar aneh, namun siapa sangka jika durian ini dibanderol sangat mahal loh. Durian Tai Babi ini asli dari Indonesia tepatnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Durian tersebut bagi masyarakat lokal dinilai memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Namun harga durian tai babi dibandrol denga harga 300 ribu/butirnya loh. Sangat mahal bukan? Padahal jika membeli durian montong Anda hanya mengeluarkan uang 50 ribu/ buahnya.

Durian Vulkanik

Selanjutnya, durian termahal ada di Thailand yang bernama durian vulkanik. Bahkan durian ini dicap sebagai durian termahal di dunia loh. Durian tersebut dijual dengan harga fantastis yaitu sebesar Rp 65 juta. Durian vulkanik yang matang pertama kali dilelang di Provinsi Si Sa Ket dengan harga USD 260 atau sekira Rp 65 jutaan. Lelang tersebut diadakan kantor distrik saat meluncurkan pekan raya buah tahunan.

Durian Nonthaburi

Selain Indonesia, Thailand juga jadi rajanya penghasil durian. Faktanya, durian Nonthaburi berada di pertanian dengan anggaran yang sangat besar, seorang pelayan kerajaan datang untuk mengambil durian untuk Raja dan Ratu Thailand. Sangat menyenangkan membayangkan sang Ratu menikmati setiap potongan, jari-jarinya yang digosok dicat dengan krim kuning. Ini gambar durian kerajaan di pertanian. Durian ini bisa Anda dapatkan dengan harga USD300 -USD600 atau sekitar 4 juta- 8 juta rupiah.

Durian J-Queen

Baru-baru ini masyakat Indonesia telah diheboh dengan durian yang harganya setara dengan satu buah sepedah motor. Durian ini bernama J-Queen yang sebelum terpampang di salah satu pasar swalayan di Tasikmalaya. Durian ini dibanderol dengan harga Rp 14 juta per buah. Tentunya dibalik harganya yang mahal ini ada sesuatu hal yang tersembunyi di dalamnya. Secara fisik, durian ini diyakini memiliki bentuk yang bulat proporsional dibandingkan dengan jenis lainnya.