Politik

TKN Khawatir Prabowo Gagal Fokus di Debat Kedua Pilpres

TKN Jokowi-ma'ruf

RIAULINK.COM - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)  joko widodo-ma'ruf amin, Erick Thohir, mengklaim Jokowi siap menghadapi  debat kedua Pilpres 2019, terutama untuk segmen debat bebas yang baru diterapkan di debat kali ini. 

Ia hanya mengkhawatirkan debat bebas menjadi tidak menarik karena calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto gagal fokus. 

"Satu, apakah Pak Prabowo gagal fokus, dalam arti tidak mengikuti isu debatnya? Nah ini yang harus kita jaga karena kalau nanti tidak ikuti isu debat akhirnya seperti debat pertama, tidak menjawab isu yang dilempar," kata Erick saat ditemui di Rumah Aspirasi Rakyat #01, Jakarta, Sabtu (9/2). 

Selain itu Erick juga khawatir Prabowo gagal mengungkapkan gagasan sesuai visi dan misi yang telah dicanangkan. Dia menilai visi dan misi Prabowo kurang matang, berkaca dari pergantian visi dan misi jelang debat pertama. 

Terlepas dari itu, Erick menyebut Jokowi sudah siap. Kubu 01 akan mematangkan persiapan Jokowi pekan depan. 

"Sudah, minggu depan ketemu, sudah ada pertemuan-pertemuan khusus. Nanti dapat ada masukan dari ketua partai, relawan, Pak JK," ujarnya. 

Mantan Bos Inter Milan itu juga berujar Jokowi akan melakukan latihan khusus sebelum debat yang juga akan melibatkan Ma'ruf sebagai lawan dalam latihan. 

Debat kedua akan mempertemukan kedua calon presiden tanpa didampingi calon wakil presiden. Mereka akan beradu gagasan dalam bingkai tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. 

Dalam debat kedua, KPU merancang desain baru bernama debat bebas. Pada segmen keempat, kedua kandidat akan beradu gagasan tanpa batasam waktu. 

Akan ada video yang diputar di awal segmen sebagai pemantik debat. Kemudian Jokowi dan Prabowo akan saling berdebat selama 16 menit. 

Debat capres kedua Pemilu 2019 bakal digelar 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Gelaran ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.