Esports

13Link Esports Riau Tempuh Perjalanan 18 Jam Demi Piala Presiden Esports 2019

Tim Squad Mobile Legends 13Link Esports asal Pekanbaru, Riau. (Fhoto: Istagram @13Link E-Sports Arena)

RIAULINK.COM - Kejuaraan Bergensi dianjang nasional seperti Piala Presiden Esports 2019 pasti memiliki prestise tinggi bagi para pesertanya. Mereka yang berpartisipasi termotivasi untuk menjadi yang terbaik di daerahnya. 

Namun, untuk mencapai impian tersebut mereka tentu harus mengorbankan banyak hal. Dari banyak kisah yang ada di Piala Presiden Esports 2019, 13Link Esports menjadi salah satu yang paling menarik untuk disimak.

Tim Squad 13Link Esports Pekanbaru Riau.

13Link Esports adalah tim Mobile Legends asal Pekanbaru, Riau, yang saat ini sedang berlaga di Kualifikasi Offline Regional Palembang. 

Untuk mengikuti kualifikasi di Kota Palembang, upaya yang mereka lakukan tidaklah mudah. Sebab, mereka harus menempuh perjalanan hampir seharian penuh demi mengikuti Piala Presiden Esports 2019.

Tim Squad 13Link Esports Arena Pekanbaru Riau.

Perjalanan yang tentunya sangat melelahkan. Sebab, mereka melaluinya melalui jalur darat sepanjang 720 kilometer dengan medan khas Jalur Lintas Sumatera yang berkelok-kelok. Muhammad "SooHAMID" Azil Hamdani yang bermain sebagai Assassin/Mage di 13Link Esports pun mengiyakannya.

"Hampir seharian kami di jalan. Seluruh anggota ada yang mabuk darat sepanjang jalan. Pokoknya perjalanan yang cukup melelahkan bagi kami," ujar SooHAMID.

Tim Squad 13Link Esports Arena Pekanbaru Riau.

Meski dianggap melelahkan, pengisi role Tank/Support di tim, Adven "Rupture", mengaku tetap senang. Menurutnya, kelelahan tersebut memiliki banyak hikmah di dalamnya. Salah satunya adalah pengalaman perjalanan jauh bersama rekan setim yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

"Selama enam bulan bermain bersama, kami enggak pernah 'jalan-jalan' bareng. Lumayan rasanya 18 jam buat ningkatin chemistry," ujarnya.

Tim Squad 13Link Esport Arena Pekanbaru Riau.

Selain itu, hal yang bikin mereka sangat termotivasi untuk melalui perjalanan sejauh itu adalah bisa ikut menjadi bagian sejarah terselenggarakannya Piala Presiden Esports pertama di Indonesia. Menurut kapten tim 13Link, Muhammad "Nevermind" Wira, mengikuti Piala Presiden Esports 2019 sejalan dengan keinginannya untuk melihat perkembangan esports di Indonesia yang kian hari makin pesat.

"Kami sangat senang bisa ikutan Piala Presiden Esports 2019 mewakili Kota Pekanbaru. Memang butuh banyak pengorbanan untuk bisa sampai sini. Apalagi kami jadi satu-satunya tim asal Pekanbaru yang ikut di kejuaraan ini," ujar Nevermind.

Melihat antusiasme penggiat esports yang begitu besar dengan Piala Presiden Esports 2019, Nevermind dan kawan-kawan turut berharap kejuaraan ini dapat membuka mata masyarakat awam dengan esports atau bermain game yang selalu dianggap negatif.

Mereka pun ikutan curhat soal dukungan orangtua yang masih setengah hati terhadap hobi mereka. Untuk itulah lewat mengikuti Piala Presiden Esports 2019, mereka ingin membuka mata orangtua bahwa esports itu adalah dunia yang sangat menjanjikan.

"Saya yakin Piala Presiden Esports bisa meningkatkan gairah sekaligus membuka masyarakat Indonesia akan esports. Terutama buat para orangtua yang selama ini selalu melihat esports atau main game sebagai hal yang negatif,"

Nevermind pun berharap kejuaraan tingkat nasional ini bisa berlanjut ke musim depan. Secara pribadi, dia juga ingin tak hanya Mobile Legends saja yang dipertandingkan, tapi juga game-game lain dari berbagai platform.

Hingga saat artikel ini diturunkan, 13Link Esports berhasil melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan tim Qese Leek dengan mudah. Mereka pun akan bertarung dengan pemenang antara AirRoamer dan NeoG yang masih menunggu hasil.

Roster 13Link Esports

Rivaldi "Shenloong" Ramadhan
Muhammad "SooHAMID" Azil Hamdani
Muhammad "NeverMind" Wira
Adven "Rupture"
Said "Saideer" Erlangga.