Riau

Lagi, Longsor di Tanah Merah

Rumah warga yang terkena longsor.

RIAULINK.COM, INHIL - Terjadi bencana alam tanah longsor di Dusun Sungai Udang Desa Sungai Nyiur Kecamatan Tanah Merah, Jumat (08/2/2019) sekira pukul 00.00 WIB.

Akibat bencana alam tersebut, sebanyak 04 unit rumah yang dihuni oleh 07 keluarga (KK) yang terdiri dari 21 jiwa beserta jalan beton sepanjang 15 meter mengalami kerusakan.

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony P, SIK, M.H, melalui Paur Humas Polres Inhil, AIPTU Giri Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut, ia menyebutkan kronologi awal kejadian ketika saksi Khairuddin sedang tidur merasakan rumahnya seperti bergerak, saksi mencoba melihat situasi di luar, saat saksi melakukan pengecekan ternyata tanah sudah bergeser, seketika itu juga saksi langsung berteriak agar warga yang masih di dalam rumah bisa segera menyelamatkan diri.

"Saksi membangunkan keluarganya yang berada di dalam rumah dengan berteriak nyaring dan langsung berlari meminta pertolongan warga sekitar," ucap Giri saat dikonfirmasi melalui WhatsAppnya, Jum'at (8/2/2019).

Dalam kejadian musibah tanah longsor ini tidak terdapat korban jiwa. Sementara itu, untuk kerugian ditaksir sekitar lebih kurang Rp. 250.000.000,-. Adapun dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor, menurut informasi yang didapatkan Paur Humas Polres Inhil yakni disebabkan oleh abrasi air sungai.

"Hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai Udang, dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut kering," jelasnya.

Petugas yang berada di lapangan juga telah melakukan upaya pertolongan terhadap korban untuk menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan, memasang garis Polisi / Police Line, mencatat saksi-saksi, mendata nama-nama korban, serta membuat Posko Bantuan.