Peristiwa

Pagar Sekolah Roboh, Kadisdik: Sudah Sering Kita Ingatkan

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal langsung merespon robohnya pagar SDN 121 di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, yang menimpa satu korban siswa kelas 3 SD.  Bahkan, Ia langsung menjenguk korban yang saat ini masih mendapatkan perawatan di RS Awal Bros.

“Kita turut prihatin dengan kejadian ini. Saya berharap tidak ada ada lagi musibah seperti ini terjadi di seluruh sekolah yang ada di Pekanbaru,” katanya, Kamis (7/2/2019).

Jamal menyebutkan, sudah sering kali mengingatkan Kepala Sekolah untuk tanggap dengan lingkungan sekolah. “Saya sudah sering mengingatkan dan mengimbau dalam berbagai kegiatan, Kepala Sekolah kita minta cepat tanggap dan tindakan. Apabila pagar rusak atau retak, robohkan saja, kalau pohon sudah mau rubuh tumbangkan saja,” cakapnya.

Masih kata Jamal, pengawasan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab Kepala Sekolah. “Beban Kepala Sekolah di situ berat. Rasanya Disdik harus awasi 500-an Sekolah. Kita tengah berusaha untuk menjadi sekolah adiwiyata dan Sekolah Ramah Anak. Kalau sudah begini kita bisa apa,” imbuhnya.

Selain itu, Kadisdik juga meminta peran serta orang tua murid untuk mengawasi sekolah. “Yang mengantar dan menjemput siswa itukan orang tua. Jangan sungkan lapor ke kami kalau ada hal negatif yang membahayakan anak muridnya,” pungkasnya.